Indonesia Juara Keragaman Bahasa se-Dunia

    Ilham Pratama Putra - 24 Februari 2020 13:24 WIB
    Indonesia Juara Keragaman Bahasa se-Dunia
    Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar di Gedung Kemendikbud Jakarta (21/2). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
    Jakarta:  Indonesia disebut sebagai negara dengan kemampuan berbahasa paling beragam di dunia.  Survei dilakukan oleh Info Graphic Journal.

    Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Dadang Sunendar menyebut, setidaknya masyarakat Indonesia mampu menguasai tiga bahasa.  Di antaranya bahasa Indonesia, jawa dan Inggris.

    "Hal itu juga tak lepas dari banyaknya ragam bahasa kita di daerah. Inilah yang harus kita jaga, multibahasa yang membawa pada kebinekaan," kata Dadang di Gedung Kemendikbud Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020.

    Kemampuan multibahasa Indonesia diikuti oleh Israel di peringkat ke dua dan Spanyol di peringkat ketiga. Dalam catatan surveyor, 17,4 persen orang Indonesia memiliki kemampuan multibahasa.

    "Sementara Israel 11,4 persen dan Spanyol 10,4 persen," lanjut Dadang.

    Untuk peringkat keempat ada Belanda dengan kemampuan multibahasa 10,1 persen dan Swedia 9,7 persen. Dadang ingin kemampuan ini terus dipertahankan Indonesia sebagai bentuk keragaman.

    "Strategi menjaga melaestarikan bahasa daerah kami bekerja sama dengan Pemda. Bahwa pemerintah pusat wajib melindungi dan mengembangkan bahasa, pemda juga wajib membina," tegas Dadang.

    Selanjutnya, dibutuhkan juga kerja sama dengan tokoh adat maupun tokoh masyarakat. Pihak Kemendikbud sendiri telah melakukan penelitian pada bahasa daerah ini sejak 1991 dan berhasil menemukan 718 bahasa daerah.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id