Respons Kemendikbud Soal Viral Tagar #MendikbudDicariMahasiswa

    Ilham Pratama Putra - 03 Juni 2020 17:33 WIB
    Respons Kemendikbud Soal Viral Tagar #MendikbudDicariMahasiswa
    Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menanggapi ramainya #MendikbudDicariMahasiswa di media sosial.  Aksi daring yang salah satunya diinisiasi akun twitter @aliansibem_si ini menyuarakan persoalan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa di masa pandemi virus korona (covid-19).

    Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Nizam menyebut harusnya UKT tersebut tidak dipermasalahkan. Sebab pihaknya memastikan tidak boleh ada kenaikan UKT di tahun ajaran baru mendatang.

    "Kemendikbud memastikan tidak ada kenaikan UKT di masa pandemi covid-19. Jika terdapat perguruan tinggi yang menaikkan UKT, keputusan tersebut kemungkinan tersebut dimbil sebelum masa pandemi," kata Nizam dalam keterangannya saat dikonfirmasi Medcom.id, Rabu 3 Juni 2020.

    Dia menyebut, pihaknya terus mendukung agar mahasiswa bisa terus kuliah di masa pandemi ini. Keputusan terkait UKT tidak boleh menyebabkan mahasiswa putus kuliah.

    Baca juga:  Kemendikbud Siap Temui Mahasiswa Soal Uang Kuliah

    Nizam juga menyampaikan, berdasarkan keterangan tertulis Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) pada 6 Mei 2020, pihak kampus memberikan beberapa keringanan pada mahasiswa. Mulai dari menunda, menyicil hingga mengajukan penurunan UKT.

    "Seluruh mekanisme pengajuan dan keputusan diatur oleh masing-masing PTN. Kebijakan ini diharapkan tidak mengganggu operasional penyelenggaraan ataupun pembelajaran di perguruan tinggi serta berbagai aktivitas pendukungnya," jelas Nizam.

    Begitu juga pihaknya telah memfasilitasi pemberian bantuan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) untuk PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Tahun ini pemerintah telah mengalokasikan 400 ribu KIP kuliah.

    "Dukungan dari masyarakat, dan alumni juga pihak swasta juga sangat membantu. Semoga dengan bergotong royong, pandemi segera kita atasi bersama," pungkas dia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id