Kemendikbud Serahkan Bantuan Mitigasi Pandemi Covid-19 ke Unpad

    Roni Kurniawan - 07 Agustus 2020 17:29 WIB
    Kemendikbud Serahkan Bantuan Mitigasi Pandemi Covid-19 ke Unpad
    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan
    Bandung:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan bantuan kepada Universitas Padjadjaran (Unpad) berupa peralatan pendukung deteksi covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP).  Bantuan tersebut berupa alat perlindungan diri (APD) dan Polymerase Chain Reaction (PCR) serta dukungan biaya untuk pengembangan berbagai penelitian, termasuk untuk uji klinis vaksin covid-19.

    Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan serta apresiasi terhadap Unpad yang selama ini turut membantu mendeteksi penyebaran covid-19 di Jabar. Terlebih Unpad telah memiliki laboratorium Biosafety Level 3 (BSL-3) untuk memeriksa sampel virus korona dari pasien khusus di wilayah Jabar.

    "Luar biasa sekali, ya kita lihat dan kita apresiasi semangat luar biasa dari teman-teman Unpad. Jadi rasanya apa yang kita bantu untuk Unpad itu sungguh sangat multiplier-nya, itu luar biasa sekali dilakukan oleh teman-teman Unpad, baik dalam pelayanan memperkuat Jabar untuk mitigasi pandemi, melayani masyarakat, plus penelitian," ujar Nizam usai meninjau Laboratorium BSL-3 di RSP Unpad, Bandung, Jumat, 7 Agustus 2020.

    Nizam menuturkan, Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta harus memiliki peran yang bermanfaat bagi masyarakat.  Terutama di saat pandemi korona seperti saat ini.

    Baca juga:  Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dimulai 11 Agustus, Simak Tahapannya

    Terlebih, Unpad sendiri mayoritas melibatkan mahasiswa dalam melakukan penelitian serta mitigasi korona sejak beberapa bulan silam, salah satunya yakni terjun langsung melakukan PCR.

    "Sehingga antara penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat, menghasilkan lulusan-lulusan generasi unggul itu tidak hanya terjadi di dalam kelas, tapi melalui program-program semacam inilah yang bisa membentuk karakter," tuturnya.

    Ia berharap, Unpad yang ditunjuk sebagai peneliti untuk uji klinis vaksin-19 dari Tiongkok diharapkan mampu menjalankannya dengan lancar berbekal segudang pengalaman dalam meneliti vaksin.

    "Kita selalu mendukung yang terbaik, semoga penelitian nanti (vaksin covid-19) bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan yang baik untuk kita semua," ungkapnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id