Sebagian Anggaran UN Dialihkan untuk Penanganan Korona

    Ilham Pratama Putra - 24 Maret 2020 17:36 WIB
    Sebagian Anggaran UN Dialihkan untuk Penanganan Korona
    ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal memetakan ulang alokasi anggaran yang semula diperuntukkan untuk Ujian Nasional (UN) 2020.  Hal ini menyusul pelaksanaan UN 2020 yang telah dibatalkan karena pandemik virus Korona.

    Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, sebagian anggaran bakal digunakan untuk menangani penyebaran virus korona atau coronavirus disease (covid-19) di sekolah-sekolah.  Tanpa menyebut besarannya, sebagian dana UN terbuka untuk program pencegahan Korona di sekolah.

    "Ada beberapa aktivitas seperti volunter pencegahan, tracing dan membantu staf-staf kesehatan untuk tracing. jadi volunter program sudah banyak sekali," kata Nadiem dalam video conference, Selasa, 24 Maret 2020.

    Berbagai relokasi anggaran juga sedang dilakukan, yakni dengan menggodoknya bersama DPR. Tak menutup kemungkinan juga sisa anggaran UN dapat digunakan untuk mendukung online learning.

    Baca juga:  UN SMK Terlanjur Digelar, Nadiem Minta Maaf

    Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, pihaknya masih menghitung jumlah anggaran UN yang sudah dan belum terpakai.  Sisa anggaran UN juga akan disisihkan untuk persiapan Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter (AKM)

    "Di provinsi anggaran UN ada Rp70 miliar. Kita identifikasi berapa yang sudah dipakai. Sebagaian anggaran masuk kategori asesmen, digunakan untuk persiapan AKM tahun depan," ujarnya.

    Sebagian anggaran UN, kata Totok, juga ada yang menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Salah satunya digunakan untuk membiayai pengawas dan petugas teknis.

    "Untuk itu anggaran tersebut bisa digunakan sekolah untuk membiayai kebutuhan sekolah dalam pencegahan korona," pungkas Totok.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id