Alokasikan Rp17,7 Triliun, Kemendikbud Ubah Strategi Penyaluran DAK Fisik 2021

    Ilham Pratama Putra - 25 Februari 2021 21:14 WIB
    Alokasikan Rp17,7 Triliun, Kemendikbud Ubah Strategi Penyaluran DAK Fisik 2021
    Mendikbud Nadiem Makarim di lokasi vaksinasi guru, SMAN 70 Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah strategi penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2021. DAK Fisik tak lagi sekedar digunakan untuk memperbaiki kerusakan sekolah.

    Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, pada 2021 DAK Fisik bakal menggunakan Whole School Approach. DAK Fisik dapat menyasar pembangunan ruang kelas, perpustakaan, toilet, ruang guru, UKS hingga rumah dinas guru.






    "Jadi bisa fleksibel. Kemudian dapat digunakan juga untuk membangun ruang guru, laboratorium, ruang keterampilan, ruang ibadah dan ruang pembelajaran iklusi," terang Nadiem dalam konferensi pers daring dengan tajuk Sosialisasi Kebijakan BOS dan DAK Fisik 2021, Kamis, 25 Februari 2021.

    Kemudian, DAK Fisik juga bisa digunakan untuk pengadaan sarana alat laboratorium, peralatan praktik, media pembelajaran, dan termasuk alat-alat TIK. Untuk menjalankan perubahan strategi ini, alokasi anggaran yang disiapkan sebesar Rp17,7 trilun.

    Baca: Skema Transfer Langsung Disebut Percepat Penyaluran Dana BOS

    Dalam pembangunan sarana dan prasarana, Kemendikbud juga bekerja sama dengan Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) secara kontraktual. Pelibatan PUPR guna melakukan asesmen kerusakan bangunan sekolah hingga meningkatkan validitas sarana dan prasaran sekolah.

    "Jadi sekarang ada tim profesional yang melakukan asesmen evaluasi juga memonitor pekerjaan yang dilaksanakan," lanjut dia.

    Adapun manajemen DAK nantinya akan terpusat di Dinas Pendidikan. Hal ini agar sekolah tidak terbebani terkait pengadaan barang dan jasa dan peralatan.

    "Dan dari sisi waktu ada jaminan ketepatan penyelesaian. Harapannya hasilnya kualitas bangunan lbih baik dan efisiensi lebih baik," ujar Nadiem.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id