ITS-Kemenkominfo Berkolaborasi Buat Pelatihan Hadapi Revolusi Industri 4.0

    Arga sumantri - 06 Maret 2021 16:14 WIB
    ITS-Kemenkominfo Berkolaborasi Buat Pelatihan Hadapi Revolusi Industri 4.0
    Penyerahan cinderamata oleh Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati (kiri) kepada Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo Hary Budiarto usai rapat koordinasi. Foto: Dok Humas ITS.



    Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi membentuk program dan pelatihan menyongsong revolusi industri 4.0. Kegiatan ini guna meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia (SDM) di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 

    Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo Hary Budiarto mengenalkan salah satu pelatihan yang mereka miliki, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA). Pelatihan ini ditujukan bagi lulusan baru di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain memberikan sertifikasi bagi para lulusan baru untuk terjun ke dunia kerja, Kemenkominfo juga turut bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan global seperti Microsoft dalam pelatihan tersebut.






    Selain FGA, kata Hary, ada pula Tematik Academy yang menyasar kepada masyarakat tertentu, seperti kaum imigran dan difabel dalam memecahkan permasalahan berbasis TIK. Sedangkan, untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) terdapat pelatihan kepemimpinan dan manajerial berbasis digital. 

    "Sehingga tenaga kerja pemerintahan memiliki wawasan yang lebih terbuka terhadap teknologi di bidang-bidang tempat mereka bekerja," tutur Hary mengutip siaran pers ITS, Sabtu, 6 Maret 2021.

    Baca: Itenas Siap Sediakan Beasiswa S2 di OSC Medcom.id

    Tahun ini, kolaborasi ITS dengan Kemenkominfo terus berlanjut dan berekspansi. Salah satunya, berupa pelatihan yang diberikan pada masyarakat akan lebih meluas dan bervariasi. Hal tersebut merupakan wujud nyata ITS dan Kemenkominfo dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja Indonesia akan keterampilan bidang TIK yang terus meningkat setiap tahunnya.  Hal ini penting dilakukan lantaran tingkat pengangguran di Provinsi Jawa Timur saja meningkat akibat pandemi covid-19.

    Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Adi Soeprijanto, program pelatihan Kemenkominfo ini diharapkan dapat selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id