Kampus Diminta Berkolaborasi Menyelesaikan Masalah di Daerah 3T

    Ilham Pratama Putra - 10 Desember 2020 16:24 WIB
    Kampus Diminta Berkolaborasi Menyelesaikan Masalah di Daerah 3T
    Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam. Foto: Zoom



    Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan salah satu implementasi Kampus Merdeka ialah terjun menyelesaikan permasalahan masyarakat. Utamanya, di wilayah Indonesia yang tergolong terdepan, terluar, tertinggal (3T).

    Nizam mengatakan, kampus perlu berkolaborasi menyelesaikan permasalahan di wilayah 3T. Mencari solusi masalah di wilayah 3T tak bisa dikerjakan parsial.

     



    "Kita mesti berjejaring, kampus yang kecil misalnya bersama kampus-kampus yang besar. Diharapkan kampus yang besar juga mau ikut membantu di sana," kata Nizam dalam webinar Peran Perguruan Tinggi Mencetak SDM Unggul, Kamis, 10 Desember 2020.

    Baca: Nadiem: Pandemi Mempercepat Pembentukan Karakter

    Menurutnya, permasalahan di wilayah 3T beragam dan kompleks. Makanya, perlu kejelian dan kerja bersama semua pihak. "(Masalah) 3T hari ini lebih kompleks dari dulu ya saya kira, banyak sekali masalah sosial, kesehatan masyarakat, ekonomi dan juga energi," lanjut dia.

    Nizam meyakini, selalu ada kesempatan di setiap permasalahan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah mahasiswa bersama perguruan tinggi untuk melihat kesempatan itu.

    "Kita itu harus melihatnnya masalah itu adalah kesempatan. PR-nya bagi kampus melihat kesempatan ini. Semua itu bisa jadi projek rill dan tantangan buat kita semua, kita harus bisa menghadirkan solusinya," ujar Nizam.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id