comscore

Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Secara Virtual

Arga sumantri - 31 Oktober 2020 20:13 WIB
Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Secara Virtual
Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2020 seara virtual. Tangkapan layar.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020. Prosesi pembukaan dilakukan secara virtual. 

Jokowi menyatakan, PKN 2020 menjadi bukti bahwa para budayawan dan pekerja seni di seluruh Tanah Air tidak mau tunduk oleh pandemi virus korona (covid-19). Ajang ini juga menjadi bukti sikap pantang menyerah terhadap tantangan dan kesulitan yang dihadapi.
"Semua terus berkreasi, terus optimis, terus bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik. Tidak peduli apa sukuya, apa agamanya, asal daerahnya, semua berupaya meletakkan satu batu bata budaya untuk membangun peradaban Indonesia maju," ucap Jokowi saat membuka PKN 2020 secara virtual, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Baca: 4.790 Seniman Bakal Unjuk Gigi di PKN 2020

Jokowi mengatakan, sikap optimistis dan pantang menyerah bangsa Indonesia terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara. Selama berabad-abad, kata Jokowi, nenek moyang bangsa Indonesia juga berusaha bersahabat dengan semua tantangan dan tetap menjaga harmoni dengan alam lingkungan. Sekaligus, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya.

"Itulah yang membuat bangsa Indonesia tangguh, menghargai perbedaan, kreatif dan kaya budaya," ucap Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kepala negara menambahkan, ketika menghadapi pandemi, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Lebih dari delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas, gotong royong dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi.

Selama pandemi, banyak masyarakat yang menggali kembali kearifan lokal, seperti mengangkat lagi jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas. Banyak budayawan dan pekerja seni juga terus berkreasi agar tubuh masyarakat tetap kuat karena terhibur, tenang, dan tidak panik.
 

Halaman Selanjutnya
Bagi Jokowi, semua hal itu…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id