comscore

IPB dan Wageningen University and Research Bentuk Konsorsium Riset Atasi PKM

Citra Larasati - 07 Juli 2022 16:32 WIB
IPB dan Wageningen University and Research Bentuk Konsorsium Riset Atasi PKM
IPB University dan Wageningen University and Research jajaki perluasan kerja sama. Foto: Dok. IPB
Jakarta:  Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria dan Rektor Wageningen University and Research (WUR), Arthur Mol berdiskusi tentang perluasan kerja sama pendidikan, riset dan inovasi.  Salah satunya tentang persiapan konsorsium riset penyakit mulut dan kuku (PMK).

Melalui konsorsium riset INREF Smart-In-Ag (https://smart-in-ag.com/), IPB dan WUR berinisiatif mempersiapkan konsorsium riset baru tentang penyakit mulut dan kuku.  Hal ini dikaitkan dengan future preparedness, current control, tracking dan evaluasinya.
Konsep riset akan disusun bersama yang diarahkan untuk mendesain secara komprehensif kerangka kerja riset selama lima tahun ke depan. "Ini akan diformulasikan segera melalui lokakarya bersama IPB-WUR yang akan dilaksanakan pada 21 Juli di Bogor dan dihadiri stakeholder terkait," kata Arif dalam siaran persnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Pada awal diskusi Arif mengucapkan selamat kepada WUR yang pada tahun ini kembali menempati posisi No 1 QS Ranking by subject Agriculture and Forestry.  IPB sendiri tahun ini memperbaiki posisinya menjadi peringkat ke 6 di ASIA serta yang terbaik ranking pertama di ASEAN untuk subject Agriculture and Forestry.

Arif kemudian mendiskusikan peningkatan kualitas pendidikan, transformasi pertanian di era revolusi industri 4.0 serta potensi kerja sama strategis ke depan.

Berikut Potensi Kerja sama antara IPB dan WUR:

  1. Transformasi pertanian berbasis teknologi 4.0 untuk mendukung ketahanan pangan. Pentingnya riset fundamental untuk meningkatkan produktivitas
  2. Inovasi dan kerja sama pengembangan science park IPB dengan StartHub dan StartLife WUR
  3. Kerjasama pendidikan pasca sarjana skema double degree atau sejenisnya, serta efukasi dalam kerangka lifelong learning (LLL).


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id