Berkat OSC, Membanggakan Ibunda yang Bekerja Sebagai ART

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 07 Agustus 2019 14:11 WIB
    Berkat OSC, Membanggakan Ibunda yang Bekerja Sebagai ART
    Bena Kartika Wijaya, mahasiswa asal kota Jayapura, Papua, penerima Beasiswa OSC 2018. Foto/Dok. Tim OSC.
    Jakarta: Bena Kartika Wijaya, remaja asal kota Jayapura, Papua mengaku sempat bingung agar bisa melanjutkan kuliah.  Berangkat dari kondisi ekonomi keluarga yang kurang berada ini sempat membuatnya pesimistis, sampai akhirnya perjuangan untuk kuliah dipertemukan dengan Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id.

    Bena mengungkapkan perjuangannya untuk mendapatkan beasiswa tak henti ditempuhnya.  Salah satu motivasinya adalah, ingin membuat sang ibu merasa bangga.

    Perjuangan ibunda Bena tak kalah kerasnya untuk menyekolahkan putri tunggalnya ini setinggi mungkin.  Bahkan ibunda rela melakoni pekerjaan sebagai asisten rumah tangga agar Bena bisa mengenyam pendidikan.

    Tekad Bena dan ibundanya ini pun kemudian dibayar lunas. Bena menjadi salah satu putri Papua yang berhasil menyingkirkan puluhan ribu pesaing dalam OSC 2018.  Cita-citanya untuk menikmati bangku kulian dan membanggakan sang ibu pun menemukan titik cerahnya.  

    "Pertama alasan saya bisa sampai di sini itu ibu saya. Ibu saya single parent dan saya juga tahu sehari hari ibu saya seperti apa.  Saya juga sadar diri kalau ibu saya tidak bisa membiayai kuliah dengan biaya sendiri," kata Bena ditemui Medcom.id di sela-sela Penyerahan Bantuan Pendidikan OSC di Gedung Akademi Bela Negara (ABN), Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2019.

    Baca:  Surya Paloh Titipkan Harapan Pada Peraih Beasiswa OSC

    Meski akhirnya menjadi pemenang OSC dan masuk di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan di Jakarta, yakni Universitas Mercu Buana, Bena yang memilih jurusan Arsitek berkisah bahwa tak mudah baginya untuk mengalahkan dirinya sendiri. Ia mengaku sempat down sebelum nama pemenang OSC diumumkan, ia khawatir tidak diterima.

    "Saya sempat down, kalau tidak mendapat beasiswa mau jadi apa, ibu saya kalau sudah tua siapa yang membiayai, apalagi hanya tinggal kami berdua," lanjutnya.

    Apalagi saat proses seleksi, ia harus dihadapkan pada ketatnya persaingan dengan peserta OSC lainnya.  "Peserta OSC berasal dari seluruh Indonesia. Orang-orang masih berpikir Papua itu daerah terbelakang. Untuk itu saya terus belajar, berusaha, meski pernah gagal berkali kali. Namun tekad untuk membanggakan orang tua itu terus ada," ujar lulusan SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura ini.

    Namun akhirnya, Bena bersyukur berhasil mendapatkan beasiswa OSC 2018.  Ia juga berterima kasih kepada OSC Medcom.id yang telah membantu mewujudkan cita-citanya.

    Bena mengungkapkan ketika lulus nanti, ia bercita-cita untuk kembali ke tanah kelahirannya. Bena bertekad membangun Papua, karena menurutnya di Papua masih sulit untuk mengakses kebutuhan papan, masih banyak warga Papua yang belum memiliki rumah.

    "Saya kuliah untuk membangun negeri saya. Membangun negeri bukan hanya Jawa, sebisa mungkin kalau lulus saya akan kembali ke Papua dan membangun Papua," ungkapnya.

    Baca:  Pemenang Beasiswa OSC Dituntut Berkarakter Kuat dan Fokus

    Untuk itu, guna mewujudkan cita-citanya, ia bakal bekerja keras belajar selama kuliah. Karena sekarang ini menurutnya kerja keras dan disiplin merupakan karakter yang harus dimiliki setiap anak bangsa dalam menghadapi persaingan global.

    "Disiplin dan kerja keras, karena kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.  Meskipun sesorang bisa gagal, tapi tak boleh berhenti berusaha.  Gagal, coba lagi, terus diulang-ulang terus sampai kita mendapatkan apan yang kita cita-citakan. Disiplin penting, karena zaman sekarang segalanya serba cepat," ungkapnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id