Guru Didorong Meningkatkan Literasi dan Kemampuan Teknologi

    Patricia Vicka - 25 November 2019 16:21 WIB
    Guru Didorong Meningkatkan Literasi dan Kemampuan Teknologi
    Sri Sultan HB X saat peringatan hari guru nasional di Gor Amongraga DIY. (Foto: Medcom.id/Patricia)
    Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) Sri Sultan Hamengku Buwana X mendorong para guru untuk meningkatkan literasi dan kemampuan teknologi. Selain mengajar, kata Sultan, para guru juga perlu belajar menulis artikel, menyampaikan cerita anak-anak, dan karya-karya pendidikan yang lain. 

    "Kemampuan literasi inilah yang diharapkan menular kepada anak didik," ujar Sri Sultan dalam peringatan Hari Guru Nasional, di gedung olahraga Amongraga, DIY, Senin, 25 November 2019 .

    Ia melanjutkan era 4.0, guru ditantang untuk menjalankan edukasi berbasis teknologi. Tak hanya menuntut guru memiliki kemampuan memindahkan informasi dan teori kepada peserta didik, namun juga harus kompeten mengenai suatu materi.

    Menguasai literasi dan kemampuan teknologi diharapkan proses pembelajaran kepada para siswa berlangsung dua arah. Tidak hanya terpaku pada sosok guru sebagai subjek tunggal.

    "Penekanan pengajaran ada dalam proses, bukan hasil yang disimbolkan dengan angka," jelas dia.

    Sultan menambahkan, sistem rangking yang selama ini terbangun membuat guru hanya fokus pada murid-murid terbaik. Ia pun mendorong penghapusan sistem rangking agar guru mampu mengayomi seluruh murid.

    "Tidak ada siswa bodoh. Pekerjaan rumah dan ujian tak harus dikerjakan sempurna, yang penting murid menunjukkan adanya usaha," pungkasnya.

    Senada, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi juga mendorong guru akrab dengan teknologi dan mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar. Pasalnya para siswa saat ini lebih aktif mencari materi pelajaran melalui internet.

    "Akses siswa ke ilmu pengetahuan lebih cepat. Guru jangan kalah cepat mengakses internet dan mencari informasi di era teknologi," katanya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id