comscore

AD Scientific Index, 2 Dosen IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Terbaik di Indonesia 2022

Citra Larasati - 21 Juni 2022 16:28 WIB
AD Scientific Index, 2 Dosen IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Terbaik di Indonesia 2022
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Jakarta:  Dua dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University mendapat pengakuan dan masuk ke dalam daftar Top 100 ilmuwan Indonesia 2022.  Pengakuan ini khususnya di bidang ilmu pengetahuan alam.

Kedua dosen tersebut masuk dalam daftar pemeringkatan dunia yang dikeluarkan oleh AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index). Mereka adalah Prof. Sulistiono dan Prof. Etty Riany dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.
Sistem peringkat dan evaluasi menurut AD Scientific Index dinilai berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan dalam lima tahun terakhir. Capaian utama yang dilihat adalah menurut indeks-h Scopus atau indeks berdasarkan produktivitas dan dampak konkret dari karya ilmuwan serta indikator indeks I10 dan sitasi.

Melalui laman AD Scientific Index, diketahui bahwa Sulistiono memiliki H-index: 14 dengan I10 index: 20 dan sitasi: 632. Sementara Etty Riani memiliki H-index: 19 dengan I10 index: 46 dan sitasi: 1186. 

Prestasi membanggakan tersebut telah menempatkan Sulistiono di urutan ke 77 dan Etty Riani di urutan ke 22 dari Top 100 Ilmuwan bidang Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia tahun 2022.

Sulistiono selama ini dikenal aktif dalam berbagai upaya pemberdayaan masyarakat lokal melalui budidaya ikan lokal. Kontribusinya di bidang ekobiologi ikan, perikanan budidaya, konservasi ikan hingga pemberdayaan masyarakat telah menghasilkan banyak publikasi ilmiah.

Riset yang dilakukannya merupakan salah satu bentuk konkret dalam pemenuhan aspek ekologi, sosial ekonomi, pelaku usaha, hingga komunitas masyarakat. 

Sementara Etty Riani memiliki keahlian dengan fokus riset dan publikasi pada topik ekotoksikologi dan manajemen sumberdaya perairan. Ahli ekotoksikologi ini telah menerbitkan beberapa karya ilmiah terkait pencemaran dan kualitas perairan hingga manajemen sumber daya laut.

Ia juga aktif mengkaji berbagai kebijakan pemerintah terutama yang menyinggung ekosistem laut.  Pengakuan atas kontribusi kedua ilmuwan IPB University ini membuktikan bahwa riset dan hasil penelitian IPB University berdampak positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan maupun masyarakat.

Bukti konkret atas riset yang ditekuni telah dirasakan langsung oleh masyarakat. Baik dalam bentuk inovasi yang dapat diimplementasikan langsung maupun melalui masukan atas kebijakan pemerintah. 

Baca juga:  Dekan UIN Jakarta Raih Penghargaan dari Pemerintah Jepang
 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id