comscore

Intip Kampus dan Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia

Medcom - 12 Mei 2022 08:08 WIB
Intip Kampus dan Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Kesuksesan seseorang memang tak bisa diukur dari jumlah kekayaan dan tingkat pendidikannya. Namun, tak dapat dimungkiri juga, jika kedua hal tersebut lazim dijadikan indikator kesuksesan seseorang di tengah masyarakat.

Di samping itu, pendidikan sejatinya memang menjadi salah satu jalan utama meraih kesuksesan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, pendidikan jjuga mampu mengembangkan pola pikir kritis dan kreatif yang merupakan modal utama untuk berinovasi.
Sejumlah orang terkaya di Indonesia atau konglomerat Indonesia telah membuktikan hal tersebut. Dengan mengeyam pendidikan berkualitas, mereka berhasil membangun bisnis yang membesarkan namanya.

Lantas, jurusan kuliah apa sajakah yang pernah ditempuh konglomerat Tanah Air? Berikut artikelnya dikutip dari akun Instagram @masukptn:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Undip (Universitas Diponegoro)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) merupakan tempat belajar orang terkaya di Indonesia, Robert dan Michael Hartono. Mereka masing-masing menyandang status orang terkaya pertama dan kedua di negeri ini.

Hartono bersaudara dikenal sebagai pemilik Djarum Group yang kemudian mengambil alih BCA. Kekayaan Robert diperkirakan mencapai USD13,6 atau setara Rp217,6 triliun.

Sementara sang kakak, Michael, menjadi orang terkaya nomor dua dengan total kekayaan sebesar Rp208 triliun.

2. Kedokteran Gigi - UI (Universitas Indonesia)

Siapa sangka, orang terkaya di Indonesia berikutnya bukan berasal dari bidang studi bisnis, melainkan rumpun kesehatan. Dia adalah Chairul Tanjung, lulusan Universitas Indonesia (UI) jurusan Kedokteran Gigi.

'Si Anak Singkong' ini merupakan pendiri CT Crop yang bergerak di bidang keuangan, properti, dan multimedia. Sebagai orang terkaya nomor enam di Indonesia, Chairul memiliki kekayaan bernilai USD3,1miliar atau setara Rp49,6 triliun.

3. Teknik Mesin - ITB (Institut Teknologi Bandung)

Selain Chairul, ada pula konglomerat yang bukan berasal dari latar pendidikan bisnis. Dia adalah Theodore Rachmat, orang terkaya ke-11 di Indonesia.

Theodore merupakan pendiri Triputa Group yang bergerak di bidang karet olahan, batu bara, perdagangan, manufaktur, agribisnis, dan masih banyak lagi. Berkat bisnisnya itu, kekayaan Theodore mencapai USD1,2 miliar atau setara Rp19,2 triliun.

4. Ekonomi - Universitas HKBP Nommensen

Tak cuma PTN, universitas swasta pun mampu mencetak bibit konglomerat. Pemilik Wilmar Group, Martua Sitorus, merupakan lulusan ekonomi dari Universitas HKBP Nommensen yang berstatus perguruan tinggi swasta.

Baca juga:  Mahasiswa Unpad Jadi Ketua G17 University Ambassador Consortium Wilayah Indonesia

Sebagai orang terkaya ke-7 di Indonesia, Martua memiliki kekayaan senilai Rp28,8 triliun. Nilai tersebut diperoleh berkat bisnisnya yang bergerak di bidang manufaktur dan kelapa sawit.

Itulah empat jurusan kuliah yang pernah ditempuh konglomerat Indonesia. Apakah Sobat Medcom berminat mengikuti jejak mereka? (Nurisma Rahmatika)


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id