Demi Ikut Tes Beasiswa OSC Yati Gunakan Wifi KUA

    Ilham Pratama Putra - 29 Oktober 2020 18:46 WIB
    Demi Ikut Tes Beasiswa OSC Yati Gunakan Wifi KUA
    Mahasiswa Universitas Al-Azhar penerima beasiswa OSC 2016, ati Anisa Rowi. Foto: IG OSC_medcom
    Jakarta:  Salah satu peserta beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id, Yati Anisa Rowi membagikan pengalamannya saat berjuang mendapatkan beasiswa. Perjuangan Yati tidaklah mudah, terlebih di tengah keterbatasan sinyal internet di tempat tinggalnya.

    Remaja asal Papua ini lolos OSC Medcom.id pada 2016 silam. Tantangan paling besar yang dihadapinya adalah saat tes online pertama kali.

    Yati menjelaskan, sulitnya sinyal di Papua menjadi tantangan teknis yang membuat hatinya berdebar menjelang tes. Untuk itu pada tes online OSC dia harus menumpang di Kantor Urusan Agama (KUA) di dekat rumahnya.

    "Kan aku dikasih tahu ada tahap tes online. Karena butuh sinyal yang stabil aku sampai numpang di Wifi KUA, kebetulan ada kenalan di sana jadi aku numpang wifi," kata Yati dalam live Instagram OSC_Medcom.id, Rabu 28 Oktober 2020.

    Setelah melewati tahap itu, Yati dinyatakan lulus. Setelah mengikuti berbagai tahap lainnya dan pengumpulan berkas, akhirnya Yati pun diminta untuk datang ke Jakarta.

    "Setelah itu diminta datang ke Jakarta, di Kuningan City kan ada untuk tes offline, wawancara sekalian pengumuman. Wah itu lebih deg-degan lagi ya," lanjut Yati.

    Pada proses tersebut, Yati dikumpulkan bersama peserta dari seluruh Indonesia. Yati dikelompokkan lagi dengan para peserta lain berdasarkan kampus pilihan.

    Saat itu Yati memilih Program Studi (Prodi) Biologi di Universitas Al-Azhar. Tapi saat dijadikan kelompok kecil, Yati bisa merasa lebih tenang.

    "Memang sih awalnya minder karena setiap orang punya kelebihan masing-masing. Tapi setelah ngobrol dan sharing bisa lebih tenang. Aku bisa enjoy dan nyerahin semua sama Allah untuk hasilnya," terang dia.

    Ternyata, semua usaha Yati tak sia-sia. Tekadnya yang kuat dalam belajar dan mencari beasiswa hingga ke Jakarta terbayar lunas.

    "Waktu diumumin itu aku sampai nangis dan teriak juga. Tapi semua terbayar. Buat teman-teman OSC yang lain harus terus semangat, minta doa ke orang tua, dan jadikan orang tua sebagai alasan semangat. Karena oran tua itu juga ingin kita berhasil dan nanti bisa mendapat pekerjaan yang bagus," tutup Yati.

    Saat ini Yati telah memasuki, semester tujuh di Al-azhar. Dia sangat bersyukur menjadi salah seorang peserta yang lolos Beasiswa OSC saat itu.

    "Iya karena ini beasiswanya full kita jangan sampai mengecewakan, harus terus konsisten. Dan alhamdulillah juga IPK-ku sekarang 3,88. Mudah-mudahan dalam waktu dekat aku bisa menyelesaikan kuliahku juga," ujarnya.

    Baca juga:  Wisudawan Terbaik ITS, Sempat Jual Ayam untuk Ikut SBMPTN

    Tahun ini, merupakan tahun keenam penyelenggaraan OSC Medcom.id menghadirkan program beasiswa pendidikan untuk anak-anak yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ada yang sedikit berbeda dari penyelenggaraan OSC Medcom.id tahun ini, yakni beasiswa bukan hanya untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana (S1), melainkan ada juga beasiswa program magister (S2).

    Peluncuran OSC Medcom.id hari ini sekaligus menandai dibukanya pendaftaran. Sobat Medcom.id yang ingin mendaftar bisa melakukannya pada laman https://osc.medcom.id/register.
     
    Bagi sobat Medcom yang ingin mengikuti program beasiswa yang tahun ini didukung oleh Citilink Indonesia ini harus bersiap-siap untuk mengikuti kompetisi beasiswa yang 'berhadiah' bebas uang pangkal 100 persen dan uang kuliah hingga selesai atau delapan semester.
     
    Selain beasiswa untuk S2, OSC Medcom.id juga bakal kembali menggelar Try Out OSC yang akan menggandeng Bimbingan Belajar Smarrt. Tujuannya, agar sebelum mengikuti tes yang sebenarnya, peserta sudah terbiasa dengan sistem, dan soal yang diujikan di tes online, sekaligus untuk mengukur kemampuan diri.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id