Mahasiswa UMM Asal Mesir Sukses Jadi YouTuber

    Daviq Umar Al Faruq - 03 Juni 2021 11:05 WIB
    Mahasiswa UMM Asal Mesir Sukses Jadi <i>YouTuber</i>
    Mahasiswa internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Mohamed Elfouly. Foto: Dok. Pribadi.



    Malang: Kesempatan terkadang datang di saat yang buruk. Hal itu yang dialami oleh mahasiswa internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Mohamed Elfouly. 

    Saat mahasiswa lain masih beradaptasi dengan keberadaan pandemi covid-19 di Indonesia, mahasiswa asal Giza, Mesir, itu justru mulai merintis kanal YouTube pribadinya bernama Fouly. 

     



    Sampai sekarang, kanal YouTube tersebut terus berkembang. Terhitung sudah setahun lamanya YouTube Fouly beroperasi dan beberapa waktu yang lalu ia berhasil mendapatkan Silver Play Button.

    Fouly berkata dirinya sangat senang bercerita tentang negara asalnya Mesir kepada teman-teman di Indonesia. Namun aktivitas masyarakat di kala pandemi sangat dibatasi. Sehingga, Fouly memiliki lebih banyak waktu luang karena pembelajaran berjalan secara daring.

    “Dari situ saya berpikir kenapa saya tidak membuat kanal YouTube saja. Dengan membuat channel YouTube, tidak hanya teman-teman saya yang memperoleh pengetahuan tentang kebudayaan negara-negara di timur tengah, tetapi juga masyarakat luas,” ujar mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia tersebut.

    Karena target penonton Fouly adalah masyarakat Indonesia, maka bahasa yang Fouly gunakan juga bahasa Indonesia. Dalam hal ini, Fouly berkata bahwa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UMM sangat membantunya dalam memperlancar ejaan bahasa Indonesia. 

    Fouly kembali bercerita bahwa awal mula merintis kanal YouTube ini, dirinya hanya bermodal smartphone saja. Masalah editing dan pengambilan gambar juga ia lakukan secara mandiri. 

    “Jujur tidak ada yang sulit dalam memproduksi konten YouTube karena hobi saya memang bercerita. Fasilitas di UMM juga sangat menunjang konten YouTube saya. Kadang beberapa teman juga membatu dalam mengambil video. Mungkin yang masih saya pelajari sampai sekarang adalah bagaimana menyampaikan cerita dengan menyenangkan kepada para penonton,” kata Fouly.

    Baca juga:  Mahasiswa FKG UI Raih Penghargaan Internasional

    Mahasiswa asal Giza ini menuturkan sangat senang jika ilmu dan cerita yang dibagikannya lewat YouTube disukai oleh banyak orang. Fouly berpesan pada siapapun yang mau memulai menjadi konten kreator di YouTube untuk jangan takut mencoba. Dalam membuat konten YouTube juga tidak harus menggunakan alat profesional.

    “Selain itu, tujuan dan target juga harus ditetapkan secara jelas. Kalau dari awal tujuannya uang atau ketenaran ya jelas tidak akan bertahan lama. Tapi kalau tujuannya berbagi ilmu dan pengetahuan pasti akan dapat berkembang,” pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id