Kisah Audina, Bidan Lulusan UNS yang Mengabdi di Perbatasan

    Arga sumantri - 28 Juli 2021 09:33 WIB
    Kisah Audina, Bidan Lulusan UNS yang Mengabdi di Perbatasan
    Audina Sholica, bidan muda lulusan UNS yang mengabdi di perbatasan. Foto: UNS/Humas



    Surakarta: Selama dua tahun, Audina Sholica bakal mengabdikan diri sebagai bidan Puskesmas Kabalsiang Benjuring, Kepulauan Aru, Maluku. Alumnus D3 Kebidanan Universitas Sebelas Maret (UNS) ini sudah mulai bertugas sejak 10 bulan terakhir melalui Program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

    "Buat hidup kita bermakna. Hidup bukan tentang durasi, tetapi tentang kontribusi," ungkap Audina, dikutip dari siaran pers UNS, Rabu, 27 Juli 2021.

     



    Audina tergabung dalam sebuah tim bersama enam orang lainnya yang memiliki bidang keahlian masing-masing. Wanita asal Sukoharjo ini menjelaskan bahwa Nusantara Sehat berfokus pada program inovasi. Salah satu fokus utama yang dilakukan ialah inovasi pada pelayanan Puskesmas.

    Baca: Kisah Dua Vaksinator Muda UNS Ambil Peran Melawan Covid-19

    Sebagai seorang bidan, Audina memiliki beberapa tugas untuk melakukan pemeriksaan ibu hamil, pelayanan program Keluarga Bencana (KB), memeriksa tumbuh kembang bayi dan balita, serta membantu persalinan di Puskesmas. Ia dan tim memberikan pelayanan kesehatan primer yang terintegrasi, tidak hanya fokus kuratif, tapi juga ada promotif dan preventifnya. 

    "Jadi kita juga bertugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan. Minimal sadar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

    Audina memang mengaku bercita-cita menjadi tenaga kesehatan. Gagal menempuh studi Kedokteran tidak menyurutkan tekadnya, ia pun memilih belajar di Prodi Kebidanan. Ia ingin memberikan pelayanan kesehatan yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa pandang bulu.

    "Enggak bisa lihat hal-hal begitu (perlakuan berbeda dalam pelayanan kesehatan). Aku harus terjun langsung ke masyarakat, enggak bisa kalau koar-koar doang. Aku ingin mengabdikan diri di perbatasan Indonesia," ucap dia.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id