comscore

UGM Berdayakan Dusun Cageran Sebagai Desa Mandiri Energi

Arga sumantri - 29 Desember 2021 20:07 WIB
UGM Berdayakan Dusun Cageran Sebagai Desa Mandiri Energi
Tim PDE-DEM UGM. foto: Humas UGM.
Yogyakarta: Tim Pemberdayaan Desa Energi Dewan Energi Mahasiswa (PDE-DEM) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil merintis Desa Mandiri Energi di Dusun Cageran, Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Rintisan kemandirian energi ini ditunjukkan dengan keberhasilan merevitalisasi biodigester hingga menghasilkan biogas.

Biogas inipun bahkan sudah dilengkapi dengan kompor dan water heater, sehingga dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Masyarakat dusun Cageran pun memanfaatkan ini untuk membantu mengaduk pakan ternak.
"Kita bersama masyarakat pun berhasil memasang 2 panel surya berukuran 55 Wp dan 220 Wp yang sudah terhubung dengan 9 lampu yang terpasang di sudut-sudut kandang di dusun Cageran," ujar Ketua Tim PDE-DEM UGM, Daffa Indraprawira Izaohar, mengutip siaran pers UGM, Rabu, 29 Desember 2021.

Daffa mengatakan, Tim PDE-DEM UGM juga melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat dewasa dan anak-anak terkait persoalan energi di masa depan. Selain itu, tim juga turut aktif dalam rapat-rapat dengan warga dan mendukung beberapa kegiatan, seperti Cageran seperti Fun Bike Explore Budaya Tamanmartani pada 21 November 2021 lalu.

Daffa menambahkan, tim juga mengadakan lokakarya bertajuk 'Dayakarsa Energi Nusantara dari Cageran untuk Indonesia' di Kandang Bersama Anggrek Mukti, Dusun Cageran, pada 18 Desember 2021. Lokakarya ini dihadiri perwakilan dari pemerintahan kabupaten dan kapanewon, dinas-dinas, pihak UGM, dan mitra-mitra Dewan Energi Mahasiswa UGM.

Baca: Keren! Mahasiswa ITB Juara di Kompetisi Pemetaan Internasional

Setelah sesi penjelasan terkait progres kerja, kegiatan dilanjutkan dengan tour mengelilingi kandang Bersama Anggrek Mukti untuk melihat biodigester dan panel surya yang sudah dapat berfungsi dengan baik, serta kanal mikrohidro yang belum dapat digunakan fungsinya oleh warga sekitar. Dalam kegiatan berkeliling ini diselingi dialog terkait potensi-potensi energi terbarukan yang dimiliki Dusun Cageran.

"Pada saat berkeliling kandang bersama perwakilan dinas pariwisata berkesempatan menyampaikan agar pemanfaatan biogas dan panel surya dapat dimasukkan ke dalam paket wisata bersamaan dengan kebudayaan dan potensi lainnya di Dusun Cageran," tutur Daffa.

Pada akhir rangkaian acara dilakukan diskusi interaktif antara perwakilan dari Bappeda, Kecamatan Kalasan, dan Dinas PUP-ESDM dengan masyarakat membahas terkait subsidi pupuk untuk petani di Sleman dan persoalan lambatnya respons puskeswan bagi kesehatan ternak. Dalam kesempatan ini, warga Dusun Cageran juga meminta dukungan dan kolaborasi bersama dinas-dinas untuk mengembangkan potensi desa.

Pihak Bappeda, Kecamatan Kalasan, dan Dinas PUP-ESDM pun merespons atas berbagai persoalan masyarakat tani di dusun Cageran dan akan memenuhi apa yang menjadi harapan warga dusun Cageran. Hal itu mengingat betapa besar potensi yang dimiliki dusun Cageran.

Baca: UI Raih Penghargaan Ruang Publik Ramah Sepeda

Daffa menuturkan dusun Cageran cukup memiliki potensi jika akan dikembangkan sebagai Desa Wisata. Selain memiliki potensi alam yang bagus, dusun Cageran memiliki sumber daya manusia yang mumpuni baik untuk kesenian maupun wirausaha.

Hal ini terbukti pada saat pembukaan lokakarya ibu-ibu Dusun Cageran dapat menampilkan hadroh cukup apik dan mampu menciptakan suasana syahdu dari lantunan ayat-ayat Al-Quran dan shalawat nabi yang dinyanyikan dengan lembut. Selain itu, tamu undangan juga dapat melihat dan membeli secara langsung potensi UMKM yang dimiliki oleh Dusun Cageran, seperti belut goreng, kue bawang, jamu, donat dan molen Rina, serta jemparingan.

"Saat berkeliling, para tamu undangan juga sempat disuguhi salah satu potensi budaya yang dimiliki oleh Dusun Cageran berupa tarian tradisional yang ditampilkan oleh anak-anak Dusun Cageran," bebernya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id