comscore

Daftar 10 Rektor Perempuan PTN dan PTS di Indonesia

Citra Larasati - 21 Mei 2022 11:26 WIB
Daftar 10 Rektor Perempuan PTN dan PTS di Indonesia
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Terpilihnya Ova Emilia sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) menambah daftar panjang rektor perempuan di perguruan tinggi Indonesia.  Hingga saat ini setidaknya tercatat ada 10 perempuan yang pernah atau menjabat sebagai rektor baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  
Dikutip dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) @ditjen.dikti berikut deretan perempuan yang pernah dan masih menjabat pimpinan perguruan tinggi:

1. Rektor ITB Prof. Ir. N. R. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, MSCE, PhD

Reini terpilih menjadi Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk periode 2020-2025. Ia menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor ITB.
 
Reini juga merupakan seorang dosen dan guru besar Kelompok Keahlian Manajemen Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

2. Rektor Singaperbangsa Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA.

Sri Mulyani terpilih sebagai Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang untuk periode 2020-2024. Dia juga merupakan guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad).
 
Sri Mulyani sebelumnya menjabat sebagai ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad.

3. Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D.

Dwikorita dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) pada masa bakti 2014-2017. Saat ini, Dwikorita menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

4. Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE.

Rina menjadi Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2019-2024. Lulusan Osaka Prefecture University ini, juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

5. Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A

Dwia merupakan rektor pertama Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mulai menjabat pada 2014 hingga sekarang. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Rektor (Warek) IV Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerja sama.

6. Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA

Ellen menjabat sebagai rektor Sam Ratulangi (Unsrat) pada periode 2014-2018. Sebelumnya ia menjabat Dekan Fakultas Teknik Unsrat 2006-2010.

7. Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA, Risa Santoso, B.A., M.Ed.

Risa terpilih dan dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang pada 2 November 2019 dan menjadi rektor termuda di Indonesia. Ia dilantik menjadi rektor di usianya yang masih 27 tahun.  Risa memiliki gelar magister pendidikan dari Harvard Graduate School Of Education. 

8. Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D

Tian, Rektor Universitas Terbuka (UT) untuk periode 2013-2017. Ia telah memulai karier di Universitas Terbuka sejak tahun 1985.

9. Rektor Universitas Gajayana Prof. Dyah Sawitri, SE., MM

Dyah Sawitri menjabat sebagai Rektor Universitas Gajayana (Uniga) Malang selama dua periode. Terbaru ia dilantik sebagai rektor Uniga untuk periode 2020 – 2024.

10.  Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D.

Ova Emilia dipilih dalam Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Rektor periode 2022-2027. Ova mengalahkan pesaingnya Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto. 

Baca juga:  Ova Emilia, Rektor Perempuan Pertama UGM yang Terpilih Lewat Pilrek
 
Ova merupakan perempuan pertama yang terpilih sebagai rektor melalui proses pemilihan rektor (pilrek). Sebelumya, UGM pernah memiliki rektor perempuan yaitu Dwikorita Karnawati yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 
(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id