comscore

UGM Kembali Jadi Kampus Terbaik dalam Pengelolaan Mahasiswa

Arga sumantri - 10 Desember 2021 15:01 WIB
UGM Kembali Jadi Kampus Terbaik dalam Pengelolaan Mahasiswa
Ilustrasi Mahasiswa UGM. Foto: Dok Humas UGM.
Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki peringkat pertama dalam bidang Kemahasiswaan tingkat nasional pada tahun ini. Informasi tersebut berdasarkan pengumuman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Prestasi ini meneguhkan bahwa UGM selama lima tahun berturut-turut selalu berada di peringkat pertama dalam pengelolaan bidang kemahasiswaan sejak adanya Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang diluncurkan pada 2017.
Direktur Kemahasiswaan UGM Suharyadi mengatakan prestasi UGM dalam pengelolaan kemahasiswaan tidak lepas dari dukungan pimpinan universitas yang selalu memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan. Serta, memberikan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa bisa mengikuti perlombaan dari tingkat nasional, regional hingga internasional. 

"Kita memberikan fasilitas yang cukup bagi mahasiswa untuk berprestasi sedemikian rupa. Saya kira ini bentuk apresiasi pemerintah pada kampus terhadap pengelolaan bidang kemahasiswan yang tidak hanya diukur dari prestasi tapi juga dari sisi pengelolaan," kata Suharyadi, mengutip siaran pers UGM, Jumat, 10 Desember 2021.

Baca: Rektor IPB Terpilih Jadi Ketua Umum ICMI 2021-2026, Ini Harapannya

Menurut Suharyadi, beberapa indikator penilaian yang digunakan Kemendikbudristek dalam pemeringkataan kemahasiswaan di antaranya jumlah prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional. Prestasi tingkat nasional perlombaan yang diadakan atau diiniaisi oleh Kemendikbudristek. 

Lalu, berbagai kegiatan mahasiswa baik kokurikuler dan ekstrakurikuler, berbagai kegiatan non lomba seperti seminar dan pentas seni. Selanjutnya, penilaian juga pada manajemen institusi kemahasiswaan dari sisi fasilitas dan pendanaan.

Suharyadi mengaku indikator penilaian pada prestasi mahasiswa dalam perlombaan nasional, regional dan internasional menjadikan skor penilaian  bidang pengelolaan kemahasiswaan UGM jadi lebih tinggi dibanding dari perguruan tinggi lain. Sebab, menurut Suharyadi, setiap tahun rata-rata mahasiswa UGM menyumbang di atas 1.100 medali dan penghargaan.

Meski pandemi covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun, kata dia, tidak menyurutkan semangat mahasiswa UGM untuk mendulang prestasi. Suharyadi menyebutkan tahun 2020 lalu, jumlah prestasi yang terkumpul mencapai 1.427 medali. 

"Hingga akhir november tahun 2021 ini saja sudah mencapai 1.212 medali," ungkapnya.

Baca: Mahasiswa UNS Jadi Duta Rupiah dan QRIS

Ia mengapresiasi para mahasiswa yang tetap menyumbangkan prestasi untuk mengharumkan nama kampus maupun bangsa di berbagai ajang internasional. "Kita patut bersyukur, capaian medali yang didapat mahasiswa tidak mengalami perubahan," ujarnya.

Menurut Suharyadi, sudah menjadi pedoman bagi mahasiswa UGM agar aktif melaporkan berbagai kegiatan dan prestasi yang mereka peroleh. Selain untuk kepentingan dokumentasi, mahasiswa dan tim yang berhasil menoreh prestasi di tingkat nasional dan internasional akan mendapat insentif dan penghargaan dari pihak universitas. 

Bahkan, prestasi yang diangggap bergengsi akan dicantumkan dalam surat keterangan pendamping ijazah. Upaya tersebut diharapkan makin mendorong mahasiswa makan giat dalam kegiatan kemahasiswaan. 

"Saya rasa ini bisa makin memacu mahasiswa agar makin bersemangat dalam mengukir prestasi. Bagi kita, penghargaan dari pemerintah ini makin memicu kita untuk meningkatkan layanan kemahasiswaan agar makin baik dan berkualitas," jelasnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id