comscore

Berbagi Hingga Pelosok Negeri

Nur Azizah - 31 Desember 2020 21:09 WIB
Berbagi Hingga Pelosok Negeri
Pelajar penerima donasi ponsel pintar. Foto: Dok Wartawan Lintas Media.
Jakarta: 18 Juni 2020, tepatnya satu bulan selepas Lebaran, Ghina Ghaliya kedatangan tamu tak diundang. Laki-laki dengan pakaian lusuh menghampiri ketika sedang santai di teras rumahnya, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

"Mbak, apa ada ponsel bekas?" tanya pemulung dengan sedikit malu-malu. 
Belakangan, Ghina tahu, sang pemulung menanyakan ponsel bekas untuk anaknya yang tengah sekolah daring. Dari situ, Ghina sadar pandemi covid-19 rupanya tak hanya menimbulkan masalah kesehatan dan kesejahteraan, tapi juga pendidikan.

Ghina merupakan pewarta di Jakarta Post. Bersama 12 jurnalis lainnya, ia membentuk komunitas Wartawan Lintas Media (WLM) pada Maret 2020. Komunitas ini langsung membuka penggalangan dana guna memberikan bantuan. Ketika itu bantuan difokuskan untuk mereka yang tidak bisa bekerja #dirumahaja.

"Ada saudara-saudara di sana yang tetap harus ke luar rumah demi menghidupi diri sendiri dan keluarga meski taruhannya kesehatan, bahkan nyawa," kata Ghina di Jakarta, Jumat, 25 Desember 2020.

Sepekan berjalan, dana yang terkumpul mencapai Rp144 juta. Dari situ, WLM membagikan paket sembako dan vitamin untuk pengemudi ojek online, pengepul barang bekas, buruh bangunan hingga gelandangan. Bantuan demi bantuan terus disalurkan dengan target sasaran yang lebih luas.

Sampai di Juni 2020, ia dan kawan-kawannya sadar ada satu masalah yang belum mendapatkan perhatian pemerintah. Banyak siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PPJ) lantaran tak punya gawai.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id