Guru Fisika Ciptakan Pengendali Listrik Lewat Ponsel

    Ilham Pratama Putra - 25 Januari 2020 09:09 WIB
    Guru Fisika Ciptakan Pengendali Listrik Lewat Ponsel
    Guru SMP 4 Leuwiliang, Bogor, Ugan Sugandhi pencipta alat pengendali listrik untuk rumah. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Guru SMP 4 Leuwiliang, Bogor, Ugan Sugandhi menciptakan alat pengendali listrik untuk rumah.  Listrik rumah bisa dinyalakan maupun dimatikan dari jarak jauh hanya melalui telepon genggam.

    Diberi nama SmArtHome atau rumah pintar, Ugan merakit sendiri teknologinya di sela-sela kegiatan mengajar di SMP 4 Leuwiliang Bogor.  Guru pengampu mata pelajaran Prakarya sekaligus guru Fisika itu mengaku termotivasi, karena anak didiknya kesulitan memahami materi rangkaian pengendali listrik.

    "Ide muncul saat kegiatan belajar mengajar, ada masalah.  Saat itu tentu oleh guru harus diteliti. Akhirnya ditemukan solusi dengan media ini mungkin cepat paham," kata Ugan kepada Medcom.id, di sela-sela Pameran Karya Ilmiah dan Inovasi Guru serta Siswa yang digelar Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Jumat, 24 Januari 2020.

    Menurutnya dengan alat peraga anak didiknya akan lebih cepat mengerti materi yang dibawanya ke ruang kelas.  Ugan mengaku, usai teknologinya meluncur, anak didiknya bisa memahami rangkaian pengendali listrik dengan baik.

    Untuk pengerjaannya sendiri, secara keseluruhan, Ugan mengaku menghabiskan waktu selama enam hingga tujuh bulan. Ugan bekerja sama dengan seorang guru elektronika di sekolah. Tak banyak kendala yang ditemuinya.

    "Ya paling karena saya sedikit pelupa. Karena banyak teknologi masih baru, menyerap hal-hal baru agak susah. Apalagi memahani coding system pada pengendali di telepon genggam," jelas dia.

    Guru Fisika Ciptakan Pengendali Listrik Lewat Ponsel
    SmArtHome, Pengendali listrik melalui ponsel. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

    Ugan menjelaskan, konsep pengendali listrik rumah melalui handphone ini berbasis Internet of Things (IoT), karena komponen dasarnya mikro kontroler.  "Di dalam ini menggunakan esp32, aplikasi kita buat, aplikasi di android juga kita buat. Di-share, ini dari dalam rumah keluar dalam bentuk hotspot, lalu terkoneksi ke handphone. Jaraknya tidak terlalu terbatas," jelas Ugan.

    Dia berharap teknologinya bisa dikembangkan. Dengan jarak yang lebih jauh, tentu alat ini tak hanya sebagai alat peraga.  Namun juga sistem pengamanan rumah.

    Terlebih alat ini juga bisa membaca suhu dalam rumah.  Produknya telah menjuarai teknologi inovatif tingkat kabupaten/kota Bogor, Jawa barat dan menempati posisi enam tingkat provinsi Jawa Barat.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id