comscore

Profil Ova Emilia, Rektor Baru UGM Pencipta Kurikulum Pelayanan KB untuk Dokter

Renatha Swasty - 20 Mei 2022 18:20 WIB
Profil Ova Emilia, Rektor Baru UGM Pencipta Kurikulum Pelayanan KB untuk Dokter
Rektor UGM terpilih periode 2022-2027. DOK UGM
Jakarta: Ova Emilia tak pernah lelah memperjuangkan eksistensi Bidang Ilmu Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Perjuangannya berbuah manis ketika dikukuhkan sebagai guru besar di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Pengukuhan makin spesial lantaran dia merupakan guru besar pertama bidang Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Pengukuhannya menjadi profesor tepat di Hari Kartini, Kamis, 21 April 2016. 
"Jika Bidang Pendidikan Kedokteran semula masih belum mendapat perhatian yang baik, kini dengan pengukuhan ini maka karier seorang ahli Pendidikan Kedokteran mulai mendapat pencerahan akan masa depannya," ujar Ova dikutip dari laman UGM, Jumat, 20 Mei 2022.

Rektor UGM yang baru saja terpilih dalam Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) yang digelar Jumat, 20 Mei 2022 itu menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada 1987 dan melanjutkan studi S2 di University of Dundee, Skotlandia, pada 1990. 
 
Perempuan kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menjalani pendidikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di UGM pada 1996–2000. Kemudian, S3 Clinical Teaching di University of New South Wales Wales dan pendidikan dokter subspesialis di UGM pada 2009.
 
Selain menjadi dekan, ia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia sejak 2018. Penghargaan yang pernah ia terima di antaranya First prize for young gynecologist award pada 1998 dan SIDA Award 2006.
 
Ova memiliki berbagai pengalaman menulis buku dan jurnal internasional, serta pengalaman membangun inovasi, advokasi, dan kebijakan. Pada 2012–2020, misalnya, ia membentuk kurikulum bagi dokter untuk pelayanan KB yang menjadi model pelatihan yang diangkat secara nasional dan diterapkan di Fakultas Kedokteran di Indonesia.
 
Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih Ova Emilia sebagai Rektor periode 2022-2027. Ova mengalahkan pesaingnya Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto. 

Dalam paparan strategi dan program kerja, Ova menguraikan sejumlah strategi, seperti memperkuat pendidikan transdisiplin yang mendorong kewirausahaan sosial, kemandirian dan keberagaman, memperkuat pengabdian yang komprehensif dan berkesinambungan untuk penyelesaian permasalahan wilayah dengan melibatkan sivitas akademika dan alumni, serta memperkuat atmosfer kampus yang sehat, ramah lingkungan, berbudaya dan bertanggung jawab secara sosial.

Baca: Selamat! Ova Emilia Terpilih Sebagai Rektor UGM Periode 2022–2027
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id