Kisah Butet Manurung, Alumnus Dua Gelar Sarjana di Unpad

    Citra Larasati - 08 Maret 2021 17:11 WIB
    Kisah Butet Manurung, Alumnus Dua Gelar Sarjana di Unpad
    Butet Manurung. Foto: Merahputih.com



    Jakarta:  Mendengar nama Saur Marlina Manurung atau yang akrab disapa Butet Manurung, akan terbayang nama besar “Sokola Rimba”.  Sekolah ini bukan sekolah biasa, ini merupakan sekolah rintisan bagi anak-anak Orang Rimba atau Suku Kubu di pedalaman hutan Jambi.

    Butet Manurung merupakan orang di balik berdirinya Sokola Rimba. Berdiri sejak 2003, Sokola Rimba merupakan konsep pendidikan bagi masyarakat adat atau suku terpencil di Indonesia.






    Hingga saat ini, Sokola Rimba yang kemudian berubah nama menjadi Sokola Institut sudah merintis hingga 17 program di seluruh Indonesia dan memberikan manfaat kepada lebih dari 15.000 masyarakat adat untuk bisa mengenyam pendidikan formal.

    Butet merupakan alumnus dari dua program studi di Unpad, yaitu Antropologi dan Sastra Indonesia. Wanita berdarah Batak ini masuk ke program studi Antropologi FISIP Unpad pada 1991. Tiga tahun kuliah Antropologi, Butet ikut ujian masuk PTN (saat itu bernama UMPTN) dan lolos masuk program studi Sastra Indonesia Unpad.

    Sejak saat itu, Butet Manurung kuliah di dua program studi. Keduanya lulus, meskipun terseok.  Dalam tulisannya di laman FISIP Unpad, Butet Manurung awalnya tidak memiliki keinginan untuk masuk Antropologi.

    Waktu SMA, ia justru masuk ke program fisika. Matematika menjadi pelajaran yang disukainya, sedangkan pelajaran yang paling tidak disukai adalah sejarah.

    “Nilai Sejarah saya merah di ijazah SMA. Lalu kemudian saya masuk Antropologi. Lucu, karena antropologi adalah cabang dari ilmu sejarah,” tulis Butet, dikutip dari laman Unpad, Senin, 8 Maret 2021.

    Baca juga:  Kisah Romy, Mahasiswa UI yang Rajin Buat Konten Sejarah di TikTok

    Selain menyenangi matematika, Butet Manurung kecil sudah menyenangi alam bebas. Idolanya adalah tokoh Dr. Henry Walton Jones, Jr., atau dikenal dengan sebutan Indiana Jones, tokoh utama pada seri film dengan nama serupa.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id