comscore

Ova Emilia, Rektor Perempuan Pertama UGM yang Terpilih Lewat Pilrek

Renatha Swasty - 20 Mei 2022 17:59 WIB
Ova Emilia, Rektor Perempuan Pertama UGM yang Terpilih Lewat Pilrek
Rektor UGM terpilih periode 2022-2027. DOK UGM
Jakarta: Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih Ova Emilia sebagai Rektor periode 2022-2027. Ova mengalahkan pesaingnya Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto. 

“Kami sudah melakukan voting dan hasilnya adalah Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Deendarlianto tiga suara, dan Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia,” kata Ketua MWA UGM, Pratikno, di lokasi, Jumat, 20 Mei 2022. 
Ova merupakan perempuan pertama yang terpilih sebagai rektor melalui proses pemilihan rektor (pilrek). Sebelumya, UGM pernah memiliki rektor perempuan yaitu Dwikorita Karnawati yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Dwikorita terpilih dalam pemilihan antarwaktu (PAW) periode 2014-2017. Dia terpilih melalui musyawarah mufakat 19 dari 23 anggota MWA. Sebanyak empat anggota berhalangan hadir. 
Dia menggantikan Pratikno yang saat itu dipilih Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sekretaris Negara. 

Pemilihan dan penetapan rektor Ova Emilia diikuti 17 anggota MWA secara luring dan satu anggota melalui daring. Anggota MWA yang hadir luring, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 
 
Anggota MWA yang hadir baik luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali rektor yang masih menjabat saat ini, Panut Mulyono. Pratikno memimpin jalannya Rapat Pleno yang dimulai dengan pembacaan tata tertib, pemaparan program kerja oleh calon rektor dan tanya jawab, serta pemilihan oleh anggota MWA.

Baca: Ova Emilia Terpilih Sebagai Rektor UGM periode 2022–2027
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id