Mengenal Khotibul Umam, Dosen Undip Penggagas Wayang Tenda

    Arga sumantri - 03 April 2021 11:07 WIB
    Mengenal Khotibul Umam, Dosen Undip Penggagas Wayang Tenda
    Dosen FIB Undip Khothibul Umam. Foto: Dok Humas Undip.



    Purwokerto: Wayang merupakan salah satu seni pertunjukan yang mengandung berbagai pesan pendidikan, dilihat dari karakter tokoh-tokohnya, pertunjukan, maupun lakon-lakon yang disajikan. Lebih jauh, wayang menjadi pandangan hidup, keteladanan, dan harapan masyarakat. 

    Di tangan seorang dosen sastra Indonesia, wayang menjadi sebuah media yang unik dan menarik dengan pengemasan yang berbeda. Lewat daya kreativitasnya, Dosen FIB Undip Khothibul Umam bersama rekannya pun membuat Wayang Tenda.






    Pengajar sastra cyber ini mengatakan bahwa wayang merupakan salah satu medium atau wahana yang paling mudah dieksekusi. Namun, sebenarnya kekuatannya itu lebih ke narasi dan visual. 

    "Ini bukan konsep yang baru, konsep yang kami bawakan meminjam dari konsep yang ada dari wayang kulit," jelas Umam, mengutip siaran pers Undip, Sabtu, 3 April 2021.

    Baca: Mahasiswa Termuda UNAIR Ini Gemar Tonton Vlog Kisah Sukses

    Salah satu seniman di Jawa Tengah itu menjelaskan, dalam konsep wayang kulit, penonton harus menonton refleksi atau bayangan yang ada di balik dalang. Pertunjukan wayang kulit sekarang itu menonton dari belakang dalang sehingga tidak tampak bayangannya.

    "Efeknya tidak terlihat. Sedangkan kami memakai efek visual yaitu bayangan," ujarnya

    Umam mengakui tidak memiliki latar belakang seni tradisi. Dasar kesenian yang dia miliki adalah seni panggung, yaitu teater modern. Makanya, Umam dan rekan seniman lain tidak menggunakan wayang tradisi yang menceritakan Mahabharata atau Ramayana. 

    "Kami sadar diri tidak bisa memakai itu, akhirnya menggunakan wayang secara kontemporer, jadi wayang yang karakternya kami buat sendiri, ada cerita fabel, karakater kartun, monster, superhero dan kebetulan awal pementasan, audience atau penonton yang suka pertunjukan adalah anak-anak," jelasnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id