Jadi Tuan Rumah, UI Boyong 3 Gelar Juara di KBMK 2021

    Arga sumantri - 20 September 2021 10:05 WIB
    Jadi Tuan Rumah, UI Boyong 3 Gelar Juara di KBMK 2021
    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris. Foto: Dok Humas UI.



    Depok: Universitas Indonesia (UI) meraih tiga penghargaan dari tiga kategori lomba pada Kompetisi Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK). Ketiga penghargaan itu yakni Juara I kategori lomba Riset Investasi yang diraih oleh tim Risk Lovers, Juara II lomba Audit Investigatif yang diraih oleh tim Wallstreet, dan Juara II Analisis Kasus Manajemen SDM/Modal Insani yang diraih oleh tim 3 Musketeers. 

    KBMK 2021 diikuti oleh 1.679 peserta dalam 450 tim. Acara ini diselenggarakan UI dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

     



    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris mengapresiasi Puspresnas Kemdikbudristek atas kepercayaan kepada UI untuk menyelenggarakan kegiatan KBMK 2021. Haris berharap kerja sama dengan UI semakin meningkat di masa depan.

    Haris menilai gagasan dan narasi peserta KBMK 2021 sangat inspiratif dalam membantu penyelesaian permasalahan bangsa yang diulas dalam tema-tema yang diberikan.

    Baca: UI Intensifkan Penggunaan E-learning

    "Tema-tema tersebut sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang tengah bergegas untuk bangkit dari Pandemi Covid-19 yang telah melanda selama 1,5 tahun ke belakang khususnya di bidang perekonomian," ujar Haris melalui keterangan tertulis, Senin, 20 September 2021.

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspresnas Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan KBMK 2021 diikuti 1.679 peserta yang terbagi ke dalam 450 tim, dan merepresentasikan berbagai wilayah di Indonesia. Dari 450 tim tersebut, diseleksi hingga mengerucut menjadi 88 tim yang akan berlaga di tingkat semifinal dan final KBMK 2021.

    Asep menyampaikan bahwa KBMK merupakan wujud perkataan Mohammad Hatta bahwa kampus merupakan wadah untuk para mahasiswa mengembangkan karsa dan cipta. Lewat KBMK 2021, para mahasiswa memiliki ruang untuk memaparkan gagasan dan ide kreatif kepada para pemangku kepentingan terkait. 

    "Dengan cara ini, generasi tangguh dan adaptif dapat tercipta dalam rangka menghadapi perubahan dunia global yang sangat dinamis," ungkap Asep.

    Baca: 7 Fakta Menarik Karisma Evi Tiarani, Mahasiswi UNS di Paralimpiade Tokyo 2020

    Menutup KBMK 2021, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, memuji keberanian para peserta untuk menyampaikan gagasannya. Menurut dia, hal ini menunjukkan bahwa para mahasiswa memiliki semangat dan tekad belajar yang kuat untuk menyongsong perubahan yang terjadi di masa depan. 

    "Oleh karena itu, yang paling penting dalam KBMK ini adalah keberanian para mahasiswa untuk menyampaikan gagasan dan narasinya. Perkara menang atau kalah hanyalah berdasar penilaian juri saja," ujar Nizam.

    KBMK 2021 terdiri dari delapan kategori lomba yang dipertandingkan. Yaitu, Perencanaan Bisnis berbasis pencapaian SDG, Analisis Kasus Manajemen Pemasaran, Analisis Kasus Manajemen Operasional, Analisis Kasus Manajemen SDM/Modal Insani, Komersialisasi Teknologi, Audit Investigatif, Karya Tulis, dan Riset Investasi.

    Tahun ini, KBMK 2021 menambahkan kegiatan berupa eksibisi internasional, yang diselenggarakan penuh dalam Bahasa Inggris, sebagai wadah untuk menyebarluaskan karya anak bangsa kepada dunia internasional.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id