Kisah Isti, Peraih Gelar Disertasi Terbaik dari Universitas Groningen Belanda

    Arga sumantri - 08 Juli 2021 08:01 WIB
    Kisah Isti, Peraih Gelar Disertasi Terbaik dari Universitas Groningen Belanda
    Mahasiswa asal Indonesia, Isti Hidayati, mendapat penghargaan disertasi terbaik 2020 dari Universitas Groningen Belanda. Istimewa



    Jakarta: Mahasiswa asal Indonesia, Isti Hidayati, mendapat penghargaan disertasi terbaik 2020 dari Universitas Groningen Belanda. Disertasi Isti yang mendapat penghargaan berjudul ‘Understanding mobility inequality: A socio-spatial approach to analyse transport and land use in Southeast Asian metropolitan cities’, dan membuatnya mendapatkan hadiah 7.500 Euro (setara Rp128 Juta).

    Isti bercerita, sejak kuliah S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM), dirinya sudah tertarik pada isu transportasi dan kesetaraan. Begitu juga saat melanjutkan S2 di Universitas Stuttgart, Jerman. Isti mengaku prihatin melihat kondisi transportasi di Indonesia yang semakin bergantung pada kendaraan pribadi, khususnya di Yogyakarta.

     



    "Saya bandingkan ketika saya masih sekolah, saya banyak menggunakan transportasi umum. Saat ini, banyak siswa yang memilih diantar menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan ojek online, fasilitas antar-jemput, atau membawa kendaraan sendiri," cerita Isti mengutip siaran pers Nuffic Nesso, Kamis, 8 Juli 2021.

    Menurut dia, pengalaman naik angkutan umum itu menarik, bisa bertemu banyak orang dan melihat aktivitas orang lain. Banyak pula cerita-cerita menarik dari orang-orang yang ditemui. 

    "Kalau lagi suntuk, ketemu simbah-simbah yang selesai jualan di angkot dan cerita bagaimana hasil jualan hari ini, itu bisa bikin saya senang," ujarnya.

    Baca: Perjuangan Pedagang Keliling di Lebak Luluskan Anak Jadi Sarjana

    Ia juga mengaku pernah mengalami tindakan rasis ketika travelling ke luar negeri, karena dirinya memakai kerudung. Ia membayangkan ada banyak orang yang juga mengalami tindakan rasis dan pengalaman tersebut dapat menghalangi mereka bepergian. 

    "Di sini saya tertarik untuk lebih mendalami tentang pengalaman ketika melakukan perjalanan dan bahwa masing-masing individu tentunya punya pengalaman yang berbeda-beda," ungkapnya.

    Pada Desember 2020, Isti menyelesaikan sidang disertasi dengan predikat cum laude. Ia menulis disertasinya di bawah bimbingan promotor Prof. Claudia Yamu dan Prof. Ronald Holzacker serta supervisor Dr. Wendy Tan.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id