Ahmad Suyoko, Menjadi Sarjana UGM Pertama di Kampungnya

    Ilham Pratama Putra - 21 Februari 2020 06:32 WIB
    Ahmad Suyoko, Menjadi Sarjana UGM Pertama di Kampungnya
    Ahmad Suyoko (tengah), 23 tahun wisudawan UGM diapit Ibu dan kakaknya. Foto: UGM/Humas
    Jakarta:  Wisudawan UGM, Ahmad Suyoko, 23 tahun tak pernah menyerah dengan keadaannya yang terbatas secara ekonomi.  Tak hanya masuk melalui jalur undangan dan mendapatkan beasiswa sepanjang masa kuliahnya, yatim dari almarhum ayah yang bekerja sebagai petani ini pun mampu lulus Cum Laude bahkan menjadi sarjana lulusan UGM pertama di kampungnya.  

    Ahmad Suyoko merupakan anak ke-3 dari lima bersaudara pasangan Almarhum Tayeb dan Nurlaila yang berasal dari Tepas, Sumbawa Barat, NTB.  Almarhum ayah Ahmad bekerja sebagai petani kecil,  namun keterbatasan ekonomi keluarganya tak pernah menghilangkan asa dalam mengejar pendidikan hingga bangku pendidikan tinggi.

    “Walapun orang tua saya hanya orang biasa tetapi mereka sangat mengedepankan pendidikan anak-anaknya,” kata Ahmad dikutip dari laman UGM, Jumat, 21 Februari 2020

    Berhasil mengatasi keterbatasan ekonomi juga terbukti pada kedua kakaknya yang lulus dari UPI  (Universitas Pendidikan Indonesia) dan IPB (Institut Pertanian Bogor).  Ahmad sendiri menyelesaikan studi sarjananya pada Fakultas Biologi UGM dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,78 dan meraih perdikat Cum laude.

    Sementara sang adik saat ini juga tengah menjalani studi di Universitas Brawijaya, sedangkan adik bungsunya tengah menyiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi tahun ini.  Ahmad masih ingat betul perkataan almarhum ayahnya yang selalu menekankan pentingnya pendidikan.

    Pendidikan di mata sang ayah merupakan jalan yang dapat mengubah nasib seseorang.  “Bapak bilang pendidikan itu nomor satu. Pendidikan bisa mengubah kita dari kondisi yang sekarang,” ucap alumnus SMA Negeri 1 Sumbawa Besar ini.

    Tak ingin mengecewakan orang tua, dia pun tekun belajar untuk mencapai impian menjadi peneliti di masa depan.  Berbagai prestasi pun sudah berhasil diraihnya sejak sekolah.'

    Di bangku SD, Ahmad pernah menjadi finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA tingkat nasional.  Lalu saat SMP menjadi finalis OSN Biologi tingkat kabupaten, dan saat SMA menjadi finalis OSN Biologi tingkat nasional.

    Berkat prestasi akademik itu pula, akhirnya Ahmad bisa menembus kuliah di UGM dan mendapatkan beasiswa dari sebuah perusahaan di Sumbawa. Bahkan, kini dia menjadi orang pertama dari kampungnya yang kuliah dan lulus dari UGM.

    Saat kuliah, dia pun berhasil menyumbangkan medali emas dari Olimpiade Sains Mahasiswa bidang Biologi (2019) dan medali perak Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi bidang Biologi (2019).

    Tak hanya itu, Ahmad pernah berpartisipasi dalam sekolah musim panas di Chungnam National University, Korea Selatan melalui skema "Global Korea Scholarship for ASEAN Countries Science and Engineering Students"

    Ibu Ahmad, Nurlaila menyampaikan ucapan syukur, atas prestasi anak-anaknya. Menurutnya, capaian sang anak tak luput dari semangat dan kegigihan anak-anaknya dalam belajar.

    “Bersyukur cita-cita sudah berhasil. Saya selalu mendoakan yang terbaik bagi mereka,” tutur Nurlaila.

    Nurlaila mengatakan, dia sempat merasa tidak yakin bisa menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi. Terlebih dengan kondisi suami yang bekerja sebagai petani kecil dengan penghasilan tak tetap.

    “Sempat merasa apa ya bisa menyekolahkan anak-anak sampai tinggi. Namun, suami selalu meyakinkan pasti bisa, bagaimanapun caranya dan dia pun mendorong anak-anak cari beasiswa. Alhamdulillah semua anak-anak bisa kuliah dengan beasiswa,” papar Nurlaila.

    Sebanyak 1.606 lulusan baru diwisuda pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Diploma UGM, Rabu, 19 Februari 2020 di Grha Sabha Pramana UGM. Jumlah tersebut terdiri atas 1.437 lulusan Program Sarjana termasuk lima orang wisudawan dari Warga Negara Asing, serta 166 lulusan Program Diploma termasuk 39 wisudawan dari program D IV.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id