Mengenal Dua Mahasiswa Unej yang Masih Berusia 16 Tahun

    Arga sumantri - 20 September 2021 13:24 WIB
    Mengenal Dua Mahasiswa Unej yang Masih Berusia 16 Tahun
    Paramitha Kartika Dewi, mahasiswa Unej berusia 16 tahun. Foto: Humas Unej.



    Jember: Tahun akademik 2021/2022, Universitas Jember (Unej) menerima 7.644 mahasiswa baru. Mereka terdiri dari 7.062 mahasiswa jenjang sarjana, dan 582 mahasiswa jenjang diploma. 

    Tahukah kalian, lima mahasiswa baru di antaranya masih berusia 16 tahun. Salah satunya, Paramitha Kartika Dewi. Paramitha lulus Unej lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Ia mengaku tak ada yang istimewa dari pola belajarnya selama ini.

     



    "Namun saya punya prinsip, harus bisa sejajar dengan mereka yang ada di peringkat terbaik di sekolah, caranya giat belajar," ujar Paramitha mengutip siaran pers Unej, Senin, 20 September 2021.

    Mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi itu bisa berkuliah di usia ABG karena masuk program akselerasi di MTsN 2 Jember dan MAN 2 Probolinggo. Tak heran di usianya yang baru 16 tahun 6 bulan dan 23 hari, ia sudah resmi diterima di Universitas Jember. 

    Putri kedua dari pasangan Fauzi dan Eni Nisfuatin Nida yang tinggal di Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Jember itu mantap di Program Studi Pendidikan Biologi. Sebab, ia mengaku amat menyukai mata pelajaran biologi. 

    "Masuk ke kelas akselerasi membuat saya harus selalu siap belajar sesuatu yang baru dalam waktu cepat, Alhamdulillah, lingkungan sekolah dan keluarga saya sangat mendukung," tuturnya.

    Baca: Sosok Utarini, Peneliti UGM yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

    Paramitha mengaku tak canggung bergaul dengan kawan-kawan sekolah yang umumnya berusia lebih tua. Ia menjalani pergaulan apa adanya, tidak ada kesulitan bergaul dengan kawan yang lebih tua. 

    "Ngobrolnya tetap nyambung tuh. Malah saya sering dibantu oleh kawan-kawan jika ada kesulitan," ujarnya.

    Selain Paramitha, ada juga Abdul Karim Al Hakim, yang diterima di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember saat usianya baru memasuki 16 tahun 4 bulan 12 hari. Hakim, mengaku menikmati berteman dengan kawan-kawan yang lebih senior usianya. 

    "Dulu saat bersekolah di MAN 2 Kota Malang, kawan-kawan memberikan perhatian lebih kepada saya, mungkin karena dianggap adik yah. Malah jika saya tidak paham arti kalimat Bahasa Jawa maka kawan-kawan yang ngasih pemahaman,” jelas Hakim.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id