comscore

UTBK SBMPTN di ITB, Masih Ada Peserta Salah Lokasi Ujian

Renatha Swasty - 18 Mei 2022 14:58 WIB
UTBK SBMPTN di ITB, Masih Ada Peserta Salah Lokasi Ujian
UTBK SBMPTN di ITB. DOK ITB
Jakarta: Sebanyak 22.083 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Institut Teknologi Bandung sebagai syarat diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN. Jumlah tersebut terdiri atas 21.313 peserta ujian Saintek/Soshum dan 770 peserta Campuran.

Koordinator Pelaksana UTBK ITB 2022 Achmad Rochliadi mengatakan UTBK hari pertama berjalan lancar. Namun, masih ada peserta yang salah datang ke lokasi ujian yang seharusnya di SMU 4 Bandung dan SMU 1 Bandung tetapi datang ke ITB dan tidak membawa kartu ujian. 
“Jadi, diharapkan untuk peserta lebih teliti mengecek lokasi tempat ujian sesuai lokasi yang tertera pada kartu peserta ujian, bukan hanya Pusat UTBK-nya saja," ujar Achmad dikutip dari laman itb.ac.id, Rabu, 18 Mei 2022.

Pada hari pertama sesi 1, jumlah peserta seharusnya 1.155 orang, namun terdapat peserta tidak hadir 71 orang, dengan persentase ketidakhadiran 6,14 persen. Rinciannya, peserta yang ujian di ITB seharusnya 385, namun 19 peserta tidak hadir, dan peserta ujian di SMU Mitra Pusat UTBK ITB peserta yang hadir seharusnya 770, namun 52 peserta tidak hadir.

Ujian di pusat UTBK ITB tersebar di tujuh lokasi, yakni Kampus ITB Ganesha, SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung. Panitia menyiapkan 1.155 komputer per sesi dengan satu hari rata-rata terdapat dua sesi. 

"Semua komputer peserta menggunakan PC," kata Achmad. 
Sebelum tes, perserta terlebih dahulu diperiksa suhu dan kelengkapan persyaratan ujian Tim Marshal di ruang transit. Peserta langsung didampingi Tim Marshal menuju ruangan ujian. 

Peserta juga diperiksa oleh pengawas ruangan menggunakan metal detektor untuk mengurangi kecurangan. Untuk melancarkan proses mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK ITB, setiap peserta mempersiapkan hal-hal berikut:
  1. Membawa kartu ujian
  2. Ijazah bagi lulusan 2021 dan 2020 atau surat keterangan kelas 12 dari sekolah yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru dengan dibubuhi tanda tangan kepala sekolah dan cap stempel
  3. Kartu indentitas diri berfoto (KTP/SIM/Paspor)
  4. Masker medis
  5. Hand sanitizer
  6. Dalam keadaan sehat (saat diperiksa suhu antara maks 37.5 derajat celcius)
  7. Sudah hadir 1 jam sebelum jadwal ujian.

Pusat UTBK ITB tidak mensyaratkan peserta telah mendapat vaksin booster. Terpenting, peserta mengikuti ujian dalam kondisi sehat. 

Selain itu, peserta disarankan memakai sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki untuk jarak yang cukup jauh dan naik tangga, tidak memakai perhiasan atau membawa barang mewah yang rentan untuk dicuri.
Peserta tidak perlu melihat ruang ujian pada H-1, cukup mengetahui lokasi ujian.

Sebab, peserta akan memasuki/dikumpulkan di ruang transit untuk pemeriksaan kesehatan (cek suhu) dan kemudian baru akan diantar ke ruang ujian oleh tim khusus. Bila ada peserta yang menggunakan kursi roda/tongkat bisa menghubungi sekretariat. Peserta tidak membawa kendaraan pribadi karena panitia tidak menyediakan tempat parkir.

Seluruh rincian tahapan waktu pelaksanaan yang meliputi: alur masuk lokasi ujian, alur keluar lokasi ujian serta informasi mengenai pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK ITB sudah disebar dalam bentuk e-book di media sosial ITB melalui tautan https://bit.ly/UTBKDIITB2022. Inisiatif Peserta dalam memahami e-book tersebut akan sangat membantu kelancaran yang bersangkutan ujian.

Baca: Datang Terlambat, 1 Peserta UTBK SBMPTN di Unesa Gagal Ikut Ujian



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id