Mahasiswa Unair Ini Buktikan Jadi Aktivis Tetap Bisa Meraih Beasiswa

    Arga sumantri - 05 Oktober 2021 12:08 WIB
    Mahasiswa Unair Ini Buktikan Jadi Aktivis Tetap Bisa Meraih Beasiswa
    Mahasiswa FKH Unair Januar Firmansyah. Foto: Humas Unair.



    Surabaya: Januar Firmansyah, berhasil membuktikan kalau menjadi aktivis di kampus juga tetap bisa berprestasi di bidang akademik, bahkan meraih beasiswa. Menjalani jadwal kuliah dan organisasi yang cukup padat, mahasiswa Fakultas kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) itu bisa meraih beasiswa Paragon Scholarship 2021.

    Program beasiswa itu ditujukan kepada mahasiswa jenjang tahun kedua. Januar bercerita, pernah mengikuti beberapa seleksi beasiswa dari berbagai instansi, tetapi belum berhasil. 

     



    "Saya sering scroll beranda sosial media Instagram, twitter dan lain-lain. Saya nemu info tentang beasiswa ini, karena dari kampus sepertinya belum pernah ada sosialisasi tentang beasiswa ini. Maka saya cari tahu dan menggali banyak informasi juga tentang beasiswa ini," ujar Januar mengutip siaran pers Unair, Selasa, 5 Oktober 2021.

    Ia mengakui, banyak rintangan dan cobaan yang dihadapi selama proses seleksi. Mulai dari mati lampu, jaringan internet terputus, sedang macet di perjalanan, sampai akhirnya dinyatakan lolos sebagai salah satu dari 20 orang penerima beasiswa dari Unair.

    Baca: Raih IPK 3,95, Ini Sosok Wisudawan Terbaik ITS

    Mahasiswa yang aktif di Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH) itu menceritakan bahwa sejak sekolah menengah sudah sangat aktif mengikuti kegiatan organisasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Program beasiswa ini tidak hanya memberikan benefit berupa finansial, tetapi juga mendukung minat penerimanya agar berprestasi dalam menjalankan pendidikan tinggi, serta memberikan pendampingan yang intensif untuk self development mahasiswa.

    Ia menambahkan, alasan lain yang membuat mantap mendaftar beasiswa ini yaitu ingin mengembangkan potensi diri, khususnya dalam bidang kepemimpinan. Ia juga tertarik pada bidang sosial dan inovasi bangsa berupa social project yang bisa didapat dari beasiswa ini. 

    "Penerima akan mendapatkan program antara lain leadership hingga career preparation," jelasnya.

    Ia berharap beasiswa ini bukan hanya bermanfaat untuk pribadi, tetapi juga bisa membuat perubahan kecil yang berdampak besar untuk orang lain.

    "Ambilah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id