Anastasia, dari S1 langsung Masuk S3 di Usia 21 Tahun

    Ilham Pratama Putra - 21 Mei 2020 09:09 WIB
    Anastasia, dari S1 langsung Masuk S3 di Usia 21 Tahun
    Anastasia Widyadari, mahasiswa Indonesia di Medical Science Researcher di University of Leeds, Inggris. Foto: Instagram Ehef.id
    Jakarta: Di usianya yang ke 21 tahun, Anastasia Widyadari sudah menjadi calon doktor untuk Medical Science Researcher di University of Leeds, Inggris.  Jenjang ini ia capai tanpa melalui pendidikan master atau S2.

    "Iya jadi dari lulus S1 mendapat kesempatan untuk lanjut ke jenjang S3," kata Ana sapaan akrabnya dalam sharing session melalui live Instagram Ehef.id.

    Ana menjelaskan ada penelitian khusus yang memungkinkan dirinya bisa langsung melaju ke jenjang S3 dari S1.  Di Inggris, kata dia, terdapat lowongan bagi mahasiswa S1 yang bisa melampaui pendidikan S2.

    "Jadi syarat pertama mengambil dua jurusan di S1. Aku ambil biology medicine dan science research gitu-gitu. Selanjutnya apply ke lowongan S3, setelah lulus S1.  Nah, di sana beberapa universitas menawarkan pilihan untuk melakukan penelitian," ujarnya.

    Baca juga:  Mengenal Prodi 'Behavioural Sciences' di Kampus Belanda

    Dia menceritakan, jika dari 50 universitas ada empat universitas yang menerimanya, salah satunya ialah di Universitas Leeds.

    "Aku kirim curiculum vitae. Terus diwawancara. Mereka menawarkan apa yang akan diteliti. Jika aku sanggup, aku langsung diterima untuk S3 di sana," jelas Ana.

    Penelitian dilakukan Ana dengan mulus. Mahasiswi S1 Universitas Brighton itu akhirnya bisa melanjutkan S3-nya di Universitas Leeds Inggris.

    "Jadi aku dibantu juga sama supervisor di Leeds untuk penelitian. Leeds aku pilih karena suasananya lebih enak dan biaya hidupnya lebih murah," jelas dia.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id