comscore

10 Tokoh Inspiratif Indonesia yang Berprestasi di Kancah Dunia

Citra Larasati - 16 Januari 2022 08:08 WIB
10 Tokoh Inspiratif Indonesia yang Berprestasi di Kancah Dunia
Ario Anindito (tengah), komikus asal Bandung. Foto: MI/Fathurrozak
 

4. Adi Utarini

Adi Utarini adalah seorang dosen dan peneliti berkebangsaan Indonesia. Utarini merupakan peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pada Desember 2020 lalu, Utarini meraih penghargaan sebagai 10 peneliti paling berpengaruh di dunia oleh jurnal ilmiah Nature atas penelitiannya tentang pengurangan demam berdarah dengue melalui intervensi nyamuk ber-Wolbachia di Yogyakarta. 
10 Tokoh Inspiratif Indonesia yang Berprestasi di Kancah Dunia
Peneliti UGM, Adi Utarini. Foto: Dok. Media Group

Selain itu, pada tahun 2021 lalu, Utarini juga berhasil meraih prestasi membanggakan lainnya. Nama Utarini masuk ke dalam jajaran Time 100, yakni daftar 100 Orang Paling Berpengaruh versi majalah Time.

5. Joey Alexander Sila

Pernah dengar nama Joey Alexander Sila? Yap, Joey Alexander merupakan seorang pianis cilik berbakat yang telah berhasil menorehkan prestasinya di dunia internasional. Di umurnya yang baru 10 tahun, ia sudah mahir memainkan tuts piano dengan indahnya hingga berhasil menarik perhatian dunia. Joey juga ramai diberitakan oleh media internasional, khususnya dalam media musik, sebagai prodigy alias anak ajaib.

Prestasi yang berhasil didapatkan oleh Joey adalah Grand Prix 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation Skill yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2013 di Odessa, Ukraina. Sebagai peserta termuda, Joey berhasil mengungguli 43 peserta lainnya dari berbagai belahan dunia. Atas prestasinya, Joey dihadiahi tur keliling Eropa dan kontrak rekaman album.
 

6. Mischka Aoki dan Devon Kei

Mischka Aoki dan Devon Kei merupakan kakak-beradik yang berhasil memenangkan olimpiade matematika tingkat dunia mewakili Indonesia. Mereka merupakan anak dari desainer Indonesia bernama Winnie Aoki, yang sering mendesain baju anak seleb Hollywood. Mischka-Devon berhasil mendapatkan Diamond Medal (Devon Kei) dan Silver Medal (Mischka Aoki) dari International World Mathematics Invitational WMI 2021 untuk Indonesia. 

Atas prestasi ini, mereka mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim dalam unggahan pada akun Instagram resminya. Kemenangan yang mereka peroleh tersebut menginspirasi banyak siswa untuk tetap optimistis menjalani pendidikan meskipun di tengah keadaan pandemi. Capaian mereka ini pun sekaligus menjadi hadiah untuk hari kemerdekaan RI yang ke-76 lalu.

7. Pierre Coffin

Kamu pasti tahu Minions, kan? Yap, makhluk lucu berwarna kuning ini memang sangat terkenal hingga figur-figur karakter ini bisa kita dapatkan di mana pun dalam berbagai macam bentuk. Misalnya seperti boneka, gantungan kunci, tas, dan masih banyak lagi. Karakter yang sangat populer tersebut ternyata ‘dilahirkan’ oleh seorang arsitek berdarah Indonesia bernama Pierre Coffin, lho!

Pierre Coffin merupakan putra dari seorang penulis ternama Indonesia bernama NH Dini. Kesuksesannya ini membuat Pierre Coffin dapat bekerja sama dengan selebriti Hollywood ternama dalam proyek film lainnya. Coba deh, tonton film Minions dan cari tahu di adegan mana karakter Minions mengucapkan kata “Terima Kasih”.
 

Halaman Selanjutnya
  8. Christiawan Lie Komikus…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id