comscore

Mahasiswa UNS Terpilih Jadi Putri Solo 2021

Arga sumantri - 16 November 2021 15:34 WIB
Mahasiswa UNS Terpilih Jadi Putri Solo 2021
Olivia Firdaus, mahasiswa FMIPA UNS terpilih jadi Putri Solo 2021. Foto: Humas UNS.
Surakarta: Olivia Firdaus, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan terpilih menjadi Putri Solo dalam ajang Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2021. Acara penganugerahan tersebut digelar secara hydrid di Open Stage Taman Balekambang akhir pekan lalu.

Olivia merupakan perwakilan dari Jebres. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, ia memberanikan diri untuk mengikuti PPS 2021. Kepada tim Dewan Juri, mahasiswa semester 5 ini mengungkapkan keinginannya untuk mendorong semangat anak muda dalam melestarikan Budaya Jawa.
"Saya ingin berkontribusi nyata dalam pengembangan seni, budaya, dan kepariwisataan di Kota Solo," ungkap Olivia mengutip siaran pers UNS, Selasa, 16 November 2021.

Olivia mengaku keinginannya tersebut terinspirasi dari slogan Kota Solo, yaitu Solo the Spirit of Java. Menurutnya slogan tersebut memiliki makna bahwa Solo merupakan pusat dari Kebudayaan Jawa. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk melestarikan kekayaan bangsa tersebut.

“Kalau kita yang ada di Solo saja tidak mengerti Budaya Jawa bagaimana dia bisa berkembang, bagaimana dia bisa bertahan di tengah era yang seperti ini," tutur Olivia.

Baca: Kukuh Yudha Karnanta, Dosen Unair Peraih Penghargaan di FFI 2021

Sebelum dinobatkan sebagai Putri Solo 2021, Olivia harus bersaing bersama 114 peserta lainnya yang terdiri dari putra dan putri. Ia berhasil menyisihkan sekitar 90-an peserta putri melalui tiga tahap, yaitu tahap tes tertulis, tahap wawancara yang meliputi tes public speaking dan minat bakat. 

Setelah lolos dari kedua tahap tersebut, Olivia beserta finalis Putri Solo lainnya diwajibkan mengikuti pembekalan sebelum akhirnya unjuk kebolehan di malam Grand Final yang dihadiri oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Selama masa pembekalan, Olivia mengaku sangat tertarik dengan kegiatan yang diadakan. Ia merasa beruntung telah diberi kesempatan untuk belajar Budaya Jawa secara mendalam. Bahkan, ia mengaku bahwa kesempatan tersebut sangat berkesan baginya, terutama ketika mengetahui beberapa Budaya Jawa yang sebelumnya tidak pernah diketahuinya.

"Ternyata ada ya budaya seperti ini, tata krama seperti ini itu ada di Jawa. Nah, itu berkesan banget sih buat aku. Bisa tahu banyak tentang budaya-budaya Jawa kemudian tentang pariwisata Solo juga. Jadi lebih enak saja untuk belajar ketika kita berada di circle yang tepat," ungkap Olivia.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id