Dosen Muda Sabet Peringkat Dua Peneliti Terbaik Unair

    Arga sumantri - 13 Januari 2021 10:55 WIB
    Dosen Muda Sabet Peringkat Dua Peneliti Terbaik Unair
    Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (Unair) Kiki Adi Kurnia. Foto: Dok Humas Unair.
    Surabaya: Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (Unair) Kiki Adi Kurnia, menduduki peringkat dua sebagai peneliti terbaik di kampusnya. Ia bertengger di peringkat atas di antara 210 peneliti Unair lainnya.

    Pengumuman ini disampaikan Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) Unair dalam rilis TOP 210 Peneliti Terbaik UNAIR Versi Google Cendekia.

    Capaian ini cukup mengejutkan. Pasalnya, dosen yang akrab disapa Kiki itu merupakan dosen paling muda di antara dosen dalam peringkat lima besar. Berdasar data Google Cendekia, dari tahun 2010 hingga 2021, total kutipan jurnal yang dipublikasikan Kiki mencapai 1873 kutipan. Lalu, jumlah publikasi jurnal Kiki yang memperoleh setidaknya 10 kutipan (nilai indeks-i10) sebesar 41.

    Terdapat jurnal Kiki yang rilis pada 2013 berjudul Systematic study of the thermophysical properties of imidazolium-based ionic liquids with cyano-functionalized anions, memperoleh kutipan paling banyak, sebesar 144 kutipan. Jumlah kutipan itu yang mengantarkan Dosen Departemen Kelautan tersebut menduduki peringkat kedua peneliti terbaik Unair.

    Dosen berusia 38 tahun itu mengaku tidak terlalu memikirkan pemeringkatan tersebut. Sebab, tujuan utama Kiki adalah melakukan penelitian dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Ketika menempuh S1 Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB), Kiki mengaku sangat ingin menjadi dosen yang cenderung melakukan penelitian.

    "Saya melakukan hal yang saya suka. Saya suka meneliti, melakukan research dan menulis hasil penelitian saya," tutur Kiki melalui siaran pers Unair, Rabu, 13 Januari 2021.
     

    Halaman Selanjutnya
    Kiki menempuh PhD di bidang…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id