comscore

Gelisah dengan Dunia yang Tak Baik-baik Saja, Dosen ITS Kampanyekan SDGs Lewat Poster

Renatha Swasty - 04 Maret 2022 13:54 WIB
Gelisah dengan Dunia yang Tak Baik-baik Saja, Dosen ITS Kampanyekan SDGs Lewat Poster
Karya dosen ITS Naufan Noordyanto bertajuk Save trees, save orangutan life. DOK ITS
Jakarta: Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan kesepakatan pembangunan global sejak 2015 yang memiliki 17 tujuan dan 169 target hingga 2030. Semua negara menggunakan tujuan dan target yang telah ditetapkan sebagai insentif untuk pembangunan berkelanjutan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Naufan Noordyanto ikut andil menggalakkan kampanye SDGs. Naufan berkontribusi melalui karya desain grafis.
“Dengan ini, saya menjadi pihak yang dapat memanfaatkan kreativitas dan karya untuk menyampaikan pesan-pesan urgensi tersebut,” kata Naufan dikutip dari laman its.ac.id, Jumat, 4 Maret 2022.

Salah satu tujuan dan target SDGs, ialah tercapainya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan. Naufan menuturkan gagasan tentang lingkungan dan ekosistem yang sedang tidak baik-baik saja dapat disampaikan dengan baik pada karya-karya desain komunikasi visual, seperti desain poster.

Karya-karya bertujuan untuk dapat melawan opini yang kurang tepat dan membuka wawasan masyarakat tentang persoalan penting tersebut. Dia berambisi memberikan visualisasi urgensi masalah serius yang ada pada lingkungan hingga menjadikannya Environmental Activist Artist.

Pria berkacamata ini menyebut terselenggaranya pameran karya seni dan desain yang digarap serius dan profesional akan memberi efek riak yang luas bagi masyarakat. Terutama, seniman, desainer, atau fotografer di komunitas internasional karena ada wadah untuk melontarkan pesan-pesan SDGs dalam karya cipta mereka.

“Hal ini sekaligus menunjukkan betapa pentingnya penyelenggaraan pameran serta peran seniman dan desainer untuk terlibat aktif dalam mewujudkan SDGs sesuai kompetensinya,” ujar dia.

Gelisah dengan Dunia yang Tak Baik-baik Saja, Dosen ITS Kampanyekan SDGs Lewat Poster
Dosen ITS Naufan Noordyanto. DOK ITS







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id