UIN Imam Bonjol Juara Umum PKM PTKIN se-Sumatra

    Arga sumantri - 11 Juni 2021 15:25 WIB
    UIN Imam Bonjol Juara Umum PKM PTKIN se-Sumatra
    PKM PTKIN se-Sumatra. Foto: Kemenag/Humas,



    Jakarta: Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatra 2021 selesai. UIN Imam Bonjol selaku tuan rumah tampil sebagai juara umum.

    Tuan rumah UIN Imam Bonjol menjadi juara umum dengan 10 medali emas.  UIN Padang total memperoleh 29 medali. Selain 10 medali emas, tim UIN Imam Bonjol juga meraih sembilan perak, tiga perunggu, dua harapan II, dan lima harapan III. Di urutan kedua, adalah tim UIN Raden Intan Lampung dengan empat medali emas, disusul UIN Sultan Taha Saifuddin Jambi dengan tiga medali emas.

     



    PKM II digelar secara daring dan luring. Ada 14 cabang lomba yang digelar secara daring pada 27-31 Mei 2021. Sementara, 12 cabang lainnya digelar secara luring pada 4-10 Juni 2021. Kegiatannya, dipusatkan di kampus UIN Padang.

    Rektor UIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman mengatakan PKM bertujuan menguatkan jalinan silahturahim antar PTKIN se-Sumatra. Selain itu, mengembangkan kreativitas seni, olahraga dan riset mahasiswa.

    "Kegiatan ini juga untuk memupuk semangat berlomba (fastabiqul khairat), memacu daya saing, setelah sekian lama digembleng dalam Organisasi Kemahasiswaan secara intensif," kata Eka mengutip siaran pers Kemenag, Jumat, 11 Juni 2021.

    Baca: Sekolah Kena PPN, Negara yang Seharusnya Biayai Pendidikan

    PKM ke III akan digelar di UIN Sultan Taha Saifuddin Jambi pada 2023. Eka Putra Wirman berharap penyelenggaraan dua tahun ke depan akan lebih baik lagi dan menghasilkan para juara yang membanggakan.

    Ketua Forum Pimpinan PTKIN se-Sumatra, Nyayu Khadijah, mengatakan PKM II PTKIN telah berlangsung dengan sukses. UIN Padang dianggap telah menjadi tuan rumah yang baik. 

    "Kami semua bangga di kampus ini telah ditorehkan sejarah yang akan di kenang oleh mahasiswa dan kita semua dalam menempa kreativitas dan inovasi," kata Nyayu.

    Dalam laporannya, Wakil Rektor III UIN Padang Ikhwan Matondang, mengatakan secara keseluruhan kegiatan PKM berjalan lancar. Ini tidak terlepas dari kerja sama panitia dan 20 PTKIN sebagai kontingen.

    Ikhwan menuturkan untuk menjaga netralitas, pihaknya menyediakan dewan juri yang berkompeten di bidangnya, 75 persen dari luar UIN Padang. Sementara para WR/WK III PTKIN se-Indonesia diminta melakukan pengawasan

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id