Menilik Kiprah Mahasiswa UGM Bantu Pembangunan di Papua

    Arga sumantri - 14 November 2020 16:08 WIB
    Menilik Kiprah Mahasiswa UGM Bantu Pembangunan di Papua
    Potret kegiatan mahasiswa KKN PPM UGM di Papua. Dok Humas UGM
    Yogyakarta: Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih mengabdikan diri membantu masyarakat di Papua. Berbagai inovasi program diakukan sesuai dengan kapasitas ilmu masing-masing.

    Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM UGM, Rachmat Suharko mengatakan, menggerakkan ekonomi dari pinggiran tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selama membimbing mahasiswa program KKN, kata dia, tantangan pembangunan yang ditemui di Papua memang cukup memprihatinkan. Baik dari sisi infrastruktur, akses transportasi terbatas, fasilitas teknologi belum memadai, pendidikan dan wawasan masyarakat yang rendah, hingga tingkat ekonomi keluarga yang belum sejahtera. 

    Namun, Papua memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dari berbagai sektor. Contohnya, bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

    "Yang kita lakukan adalah konsep membangun dari pinggiran dengan membangun masyarakat desa dengan tujuan meningkatkan keterampilan, kesehatan dan peningkatan infrastruktur," kata Rachmat melalui siaran pers UGM yang dikutip Sabtu, 14 November 2020.

    Baca: Dulu Jualan Kaset, Kini Jadi Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

    Rachmat menyebutkan, ada enam program unggulan yang dilaksanakan di antaranya bidang pendidikan, pemerintahan, kesehatan, serta pengembangan UMKM dan pariwisata. Divisi UMKM misalnya,  mahasiswa KKN menjadi penggerak dan memberi pelatihan bagi industri rumah tangga agar lebih produktif. Lalu, sosialisasi pada pemuda bagaimana lebih berkontribusi bagi pembangunan dengan melatih mereka membuat mesin sagu. 

    Sementara di bidang pendidikan, pihaknya memberikan pengetahuan sains dan teknologi bagi siswa sekolah dasar. Adapun untuk siswa SMA, dilakukan sosialisasi dan motivasi agar mereka memiliki keinginan kuat untuk masuk ke perguruan tinggi.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id