comscore

Jurnalis Medcom.id Raih Beasiswa BRI Fellowship Journalist

Medcom - 07 April 2022 18:51 WIB
Jurnalis Medcom.id Raih Beasiswa BRI Fellowship Journalist
Jurnalis Medcom.id, Alfa Mandalika, meraih beasiswa BRI Fellowship Journalist 2021. DOK Istimewa
Jakarta: Jurnalis Medcom.id, Alfa Mandalika, meraih beasiswa BRI Fellowship Journalist 2021. Melalui program ini, Alfa bersama 35 jurnalis lainnya berkesempatan menempuh pendidikan pascasarjana (S2) di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan.

“Kami mengucapkan selamat kepada rekan-rekan semua, di mana ada 36 orang terpilih dari 972 jurnalis yang mendaftar,” ujar Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia (BRI), Aestika Oryza Gunarto, dalam acara Journalist Scholarship Award: BRI Fellowship Journalism, Kamis, 7 April 2022.
BRI Fellowship Journalist merupakan inisiatif BRI memaksimalkan kompetensi jurnalis. Program tahun ini merupakan yang ketiga kalinya, usai sebelumnya diadakan pada 2013 dan 2017.

Dari ratusan pendaftar, terdapat 1.170 narasi positif bertema pencapaian BRI dan UMKM di Indonesia yang masuk ke tahap penjurian. Ribuan artikel ini kemudian diseleksi ke dalam lima tahapan.

Peraih beasiswa BRI Fellowship Journalist angkatan pertama, Zen Teguh, menuturkan proses penjurian ini mirip sidang skripsi. Kala itu, dia diminta memaparkan materi yang ditulis. Pengetahuan seputar jurnalisme juga turut diuji dalam tahap tersebut.

Mentor BRI Fellowship Journalist 2021, Maryadi, membeberkan beberapa hal yang menjadi aspek penilaian. Salah satunya, penggunaan bahasa sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Saya temukan ada beberapa yang menggunakan kata secara keyword SEO itu bagus, tapi tidak sesuai KBBI. Ini harus konsisten," tutur dia.

Tak cuma itu, isi karya yang baik harus memenuhi lima aspek. Yakni bersifat informatif, edukatif, empowering (membangkitkan semangat masyarakat), menghibur, dan nasionalis.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, diperoleh 36 jurnalis terbaik yang berkesempatan menerima BRI Fellowship Journalist. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah empat semester sekitar Rp125 juta dan biaya hidup selama dua tahun.

Awardee diberi tenggang waktu selama satu tahun untuk menentukan PTN impian. Setelah berhasil masuk ke kampus tersebut, awardee diminta melapor ke bagian terkait untuk urusan administrasi.

"Keberhasilan mencapai beasiswa ini menjadikan kalian (awardee) sebagai agen perubahan. Kami berharap kalian dapat mengedukasi dari sisi publik dan terus membangun semangat optimisme UMKM di Indonesia," pesan Aestika. (Nurisma Rahmatika)

Baca: Soroti Isu Putus Sekolah, Jurnalis Medcom.id Sabet 'Karya Jurnalistik Terbaik' Kemendikbudristek
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id