SMAN 7 Pinrang Raih Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah

    Antara - 05 Oktober 2021 13:35 WIB
    SMAN 7 Pinrang Raih Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah



    Makassar: SMA Negeri 7 Pinrang menempati peringkat pertama dalam penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional 2021. Capaian ini diapresiasi Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

    "Alhamdulillah, kami tentu mengapresiasi serta mengucapkan selamat atas pencapaian SMA Negeri 7 Pinrang terpilih sebagai peringkat terbaik," kata Andi dalam keterangannya di Makassar, Selasa, 5 Oktober 2021.

     



    Penghargaan tersebut diberikan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penghargaan diumumkan Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Muh.  Abdul Khak, pada 1 Oktober 2021. 

    Berdasarkan pengumuman bernomor : 2649/I3/BS.01.02/2021, ditetapkan 10 sekolah dari berbagai tempat di Indonesia menjadi penerima penghargaan itu.

    Andi mengatakan penghargaan itu menjadi motivasi bagi sekolah lainnya untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. "Untuk tetap eksis serta dapat bersaing dengan bahasa asing lainnya," katanya.

    Baca: Mahasiswa Unair Ini Buktikan Jadi Aktivis Tetap Bisa Meraih Beasiswa

    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Imran Jausi menyampaikan sebelum penetapan peraih penghargaan itu, tim juri melakukan verifikasi faktual langsung ke sekolah terkait.

    Penilaian berdasarkan variabel pengutamaan bahasa negara di ruang publik yang mencakup penilaian fisik kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, serta hasil verifikasi faktual.

    "Dewan juri memutuskan 10 sekolah penerima penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2021. Alhamdulillah SMA Negeri 7 Pinrang meraih peringkat terbaik 1," ujar Imran.

    Penghargaan ini, kata dia, akan memberikan motivasi bagi sekolah lainnya sebagai rujukan 'praktik terbaik'. Ia juga mengemukakan pentingnya sekolah dalam menggunakan tatanan bahasa Indonesia pada ruang publik di sekolah.

    "Harapan kita terus berbenah menjadi lebih baik. Ini juga menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam pembinaan di sekolah. Kita harap bisa menjadi aspek perhatian pemerintah kabupaten/kota pentingnya penggunaan tatanan bahasa negara di sekolah," ungkap Imran.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id