Kisah Wahju, Wisudawan Tertua ITS yang Lulus dengan IPK Sempurna

    Arga sumantri - 17 April 2021 14:14 WIB
    Kisah Wahju, Wisudawan Tertua ITS yang Lulus dengan IPK Sempurna
    Ir Wahju Herijanto MT. Foto: Dok Humas ITS.



    Surabaya: Usia tidak menjadi penghalang bagi seseorang dalam menuntut ilmu. Petuah ini tampaknya cocok menggambarkan semangat salah satu wisudawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ir Wahju Herijanto MT.

    Menginjak usianya yang ke-58 tahun tujuh bulan, Wahju menjadi wisudawan tertua di wisuda ITS ke-123. Ia juga meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna dengan menuntaskan program studi doktoral (S3) di Departemen Teknik Sipil ITS.






    Motivasi untuk melanjutkan studi S3 berawal dari profesinya sebagai seorang dosen. Tepat pada 2013, ketika usianya telah mencapai 50 tahun, Wahju merasa, pendidikan yang lebih tinggi akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. 

    Meski berat di awal, lambat laun Wahju mulai merasa bahwa menuntut ilmu bukan hanya sekadar tuntutan. Ia yakin bahwa di setiap ilmu, selalu terdapat manfaat.  "Tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, dan saya mulai menikmati prosesnya," ungkap Wahju, mengutip siaran pers ITS, Sabtu, 17 April 2021.

    Wisudawan yang berhasil memperoleh IPK 4.00 ini menuturkan, selama proses panjang itu, dibutuhkan usaha yang besar untuk mendapat hasil maksimal. Setiap ada tugas dan ujian yang, Wahju selalu menyelesaikannya dengan sungguh-sungguh. Selain itu, publikasi jurnal terindeks scopus Q2 yang berhasil ditelurkannya juga menjadi salah satu faktor pendukung sempurnanya IPK yang diraihnya.

    Meski penuh optimisme, ayah dua orang anak tersebut mengakui bahwa menempuh pendidikan di usia senja bukan perkara mudah. Sebab, ia harus pintar-pintar membagi waktu antara kewajibannya sebagai mahasiswa dengan tugasnya dalam pekerjaan. Tidak jarang ia merasa kewalahan dan lelah dalam mengerjakan keduanya. 

    "Saat merasa lelah, saya biasanya tidur untuk istirahat sejenak," ujarnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id