Finalis Beasiswa OSC: Keinginan Kuliah 100% Lebih

    Ilham Pratama Putra - 26 Januari 2021 19:02 WIB
    Finalis Beasiswa OSC: Keinginan Kuliah 100% Lebih
    Finalis Beasiswa OSC Medcom.id, Maria Debora asal Aceh. Foto: Metro TV
    Jakarta: Semangat menuntut ilmu hingga perguruan tinggi, mewarnai hidup siswi asal Banda Aceh, Maria Debora.  Tahun ini, ia mencoba peruntungan lewat beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id.

    Debi, panggilan akrabnya, mencoba meraih beasiswa tersebut, karena memahami kondisi ekonomi keluarganya yang pas-pasan. Ia telah berhitung, penghasilan orang tuanya dari bertani dan kuli bangunan tidak akan mencukupi biaya kuliahnya.

    Perjuangan siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh itu untuk mencapai tahapan final OSC Medcom.id tidaklah mudah. Saat ini sebagai salah satu finalis OSC Medcom.id dia harus bersaing dengan ribuan siswa lainnya di Indonesia.

    "Benar-benar ingin dapat beasiswa OSC, karena biar kehidupan lebih baik, banggain orang tua, tidak membebani orang tua untuk biaya kuliah," kata Debi dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Senin, 25 Januari 2021.

    Baca juga:  Daftar 440 Penerima Beasiswa OSC Bakal Diumumkan Januari 2021

    Siswi yang harus menempuh 24 kilometer perjalanan dari rumah ke sekolah ini ternyata telah mempersiapkan diri untuk menembus beasiswa OSC sejak tahun lalu. Dia berharap bisa masuk ke Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga jurusan psikologi melalui program beasiswa onliner pertama di Indonesia ini.

    "Keinginan kuliah besar sekali, 100 persen lebih. Memang ingin menempuh pendidikan yang baik, terus nanti jadi orang yang lebih baik, dan membahagiakan orang tua," terang Debi.

    Keterbatasan ekonomi dan keinginan besar untuk melanjutkan pendidikan tinggi juga dirasakan, finalis OSC Medcom.id asal Ambon, Sabrina Marchella. Dia juga ingin megninjakkan kaki di jurusan Psikologi Universitas Ciputra Surabaya.

    "Awalnya teman lihatin informasi beasiswa OSC di Instagram, karena beasiswanya full jadi tertarik dan akhirnya milih kampus. Kuliah itu kan butuh ratusan juta ya, orang tua enggak bisa kasih uang kuliah sebanyak itu sekaligus. Jadi perlu beasiswa untuk kuliah," kata Sabrina.

    Baca juga:  Hadirkan Akses dan Kemudahan Pendidikan Jadi Semangat Program Beasiswa OSC

    Dalam mengikuti beasiswa OSC, Sabrina mengandalkan prestasinya selama sekolah mulai dari jenjang SD sampai SMA. Beragam medali seperti olimpiade sains 2019, lomba penelitian siswa nasional dan lomba Olimpiade Kebumian menjadi modal kepercayaan dirinya dalam meraih beasiswa OSC Medcom.id.

    Sekarang kedua siswi itu tengah menanti hasil pengumuman pemenang beasiswa OSC Medcom.id 2020.  Malam pengumuman bagi para pemenang beasiswa OSC Medcom.id akan dilangsungkan secara virtual.  Penerima beasiswa akan diumumkan langsung oleh 19 rektor Perguruan Tinggi Swasta pendukung beasiswa pada Jumat, 29 Januari 2021 pukul 13:30 WIB.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id