Kisah Hasna, Mahasiswa Termuda FKM UNAIR Berusia 15 Tahun

    Arga sumantri - 01 April 2021 09:32 WIB
    Kisah Hasna, Mahasiswa Termuda FKM UNAIR Berusia 15 Tahun
    Ainiyah Hasna Fadhilah, mahasiswi termuda FKM UNAIR berusia 15 tahun. Dok Humas UNAIR



    Surabaya: Ainiyah Hasna Fadhilah, menjadi salah satu mahasiswa termuda yang lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 Universitas Airlangga (UNAIR). Mahasiswa berusia 15 tahun 4 bulan itu diterima di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR.

    Hasna merasa senang dan bersyukur bisa mendapatkan prestasi tersebut karena bisa membanggakan kedua orang tua. Mahasiswa asal Madiun itu hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk menempuh pendidikan SD hingga MA.






    "Saya masuk jenjang SD umur 6 kurang. Kemudian saat di MTsN ikut program akselerasi PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa) 2 tahun. Dan Alhamdulillah di MAN juga ikut progam akselerasi SKS (Sistem Kredit Semester) 2 tahun," jelas Hasna mengutip siaran pers UNAIR, Kamis, 1 April 2021.

    Baca: Heri Kuswanto, Jadi Guru Besar ITS di Usia 39 Tahun

    Selama di MAN, Hasna aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di English Club. Selebihnya, ia hanya fokus memaksimalkan pencapaian materi. Hasna mengaku lebih memfokuskan diri dalam menaikkan grafik nilai di rapor yang ditempuh dalam waktu dua tahun akselerasi.

    Menjelang pengumuman kuota SNMPTN di sekolah, Hasna sangat bersyukur masuk ke dalam kuota tersebut. Hasna kemudian langsung melakukan konsultasi ke guru Bimbingan Konseling (BK), guru les, orang tua, dan kakak alumni yang diterima di PTN jalur SNMPTN.

    "Setelah mendapatkan cukup informasi, saya mulai memantapkan keinginan dan bakat minat saya," tambahnya.

    Awalnya, Hasna berencana untuk mendaftar di prodi teknik karena ingin mengikuti jejak sang ayah di prodi Teknik Listrik. Namun saat H-1, Hasna  memantapkan diri dan akhirnya memilih prodi Kesehatan Masyarakat yang ditekuni oleh mamanya dulu.

    "Alhamdulillah pada saat pengumuman dengan izin Allah saya lolos pilihan 1 di FKM UNAIR," ungkapnya.

    Baca: Kisah Nabila, Mahasiswa Kedokteran Termuda UNAIR Berusia 15 Tahun

    Selama ini, lingkungan keluarga dan sekolah Hasna sangat mendukung dalam keberhasilannya menggapai prestasi. Keluarganya mendukung dengan memberikan motivasi, inspirasi, dan doa yang kuat dari kedua orang tua. Guru-guru madrasah yang mengajar pun sangat memfasilitasi akses kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi maksimal.

    "Orang tua saya memberi motivasi dan dukungan saya untuk menuntaskan apa yang sudah saya pilih. Dan yang terpenting, orang tua banyak membantu saya dalam hal doa-doa baik untuk keberhasilan saya," tuturnya.

    Hasna berpesan kepada seluruh siswa dan mahasiswa untuk terus konsisten dengan apa yang sudah ditargetkan di awal. Buatlah rencana-rencana kegiatan serta atur waktu dengan baik antara sekolah dan refreshing.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id