Intip Profil Rektor Asing Pertama, Jang Youn Cho

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 27 Agustus 2019 12:10 WIB
    Intip Profil Rektor Asing Pertama, Jang Youn Cho
    Rektor Asing pertama di Indonesia yang akan memimpin Universitas Siber Asia, Jang Youn Cho. Foto/Dok. Unas.
    Jakarta:   Nama Jang Youn Cho Ph.D., CPA tiba-tiba menyedot perhatian dunia pendidikan tinggi di Indonesia, setelah Senin, 26 Agustus 2019 kemarin diperkenalkan oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir sebagai rektor asing pertama di Indonesia.  Di Tanah Air, Cho akan memimpin Universitas Siber Asia yang berdiri di bawah naungan Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK). 

    Dikutip dari laman resmi Universitas Nasional (Unas), Cho sebelumnya merupakan Vice President di Hankuk University.  Ia juga menjadi rektor di Cyber University of Foreign Studies, Hankuk University pada 2014-2017.

    Baca juga:  Universitas Siber Asia Resmi Kantongi Izin Pendirian

    Pada 2010-2014, Cho menjabat sebagai dekan fakultas Administrasi Bisnis, Pascasarjana School of Business di universitas yang sama.  Karier akademiknya tidak hanya dirintis dan berkembang di Korea Selatan.

    Secara karier akademik, Cho juga sempat besar di Amerika Serikat (AS), selama 17 tahun sebagai  Asisten  Profesor di University of Nebraska di Lincoln.  Lalu ia memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan, tanah kelahirannya, dan berkarir di pemerintah Korea Selatan.

    Kemudian Cho menjabat sebagai Vice Chairman, Korea Accounting Standards Board, lalu pernah menjadi anggota, Dewan Standarisasi Akuntansi Pemerintah, di Kementerian Keuangan dan Ekonomi Korea pada 1999-2000.  Lalu pada 2001-2002 menjadi Editor di Korean Accounting Review. 

    Tercatat sejak 1997, Cho yang juga lulusan Hankuk University of Foreign Student, menjadi Profesor Hankuk University of Foreign Student di Departemen Administrasi Bisnis. Ia mempunyai tiga bidang penelitian yang menjadi fokus, yakni penilaian dan analisis bisnis, kinerja penghasilan, serta akuntansi internasional.

    Baca juga:  Rektor Asing Diharapkan Pancing Masuk Mahasiswa Asing

    Cho juga dikenal sebagai profesor pendidikan online pertama di Korea. Dia juga membuka program MBA Cyber ketika masih menjabat dekan Pascasarjana di School of Business. Ia pernah 
    tercatat pernah tujuh kali dinominasikan sebagai profesor terbaik selama sepuluh tahun terakhir di Universitas Nebraska-Lincoln.

    Tak hanya berkarier akademik, Cho juga memiliki catatan kerier sebagai profesional di sejumlah perusahaan.  Ia anggota dewan di beberapa perusahan, seperti S-Oil dan Korean-Saudi Aramco Company.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id