comscore

Guru, Ini 5 Tanda Siswa Sulit Memahami Pelajaran

Medcom - 18 Mei 2022 12:11 WIB
Guru, Ini 5 Tanda Siswa Sulit Memahami Pelajaran
Ilustrasi guru. Mi/Gino Hadi
Jakarta: Mengajar banyak siswa dalam satu kelas tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, setiap siswa memiliki karakteristik berbeda, sehingga guru harus lebih peka terhadap perkembangan masing-masing individu di dalam kelas.

Perbedaan karakteristik ini juga bisa menjadi salah satu indikasi yang menentukan apakah siswa sudah memahami materi pembelajaran atau belum. Biasanya, siswa yang kesulitan memahami pelajaran akan menunjukkan sejumlah gejala.
Sebagai orang yang bertanggung jawab atas hal tersebut, tentu guru harus mengenali tanda-tanda siswa sulit mencerna pelajaran. Dikutip dari Akupintar, berikut ulasannya:

1. Tidak konsentrasi

Sulit berkonsentrasi merupakan salah satu indikasi siswa tidak memahami pelajaran. Biasanya, mereka akan menunjukkan tatapan mata yang kosong atau seperti memikirkan sesuatu ketika guru sedang mengajar.

Hal ini umumnya dikarenakan cara guru mengajar terbilang membosankan. Penyebab lain, kemungkinan siswa itu sedang menghadapi banyak masalah. 

2. Mengalamai penurunan nilai

Nilai merupakan salah satu cara mengetahui perkembangan pengetahuan siswa di sekolah. Bila ada yang mengalami penurunan nilai atau bahkan selalu mendapatkan nilai rendah, maka hal tersebut bisa jadi pertanda bagi guru untuk segera bertindak.

Solusinya, coba berikan perhatian dan ajak siswa tersebut berkomunikasi. Tanyakan baik-baik apakah yang bersangkutan sedang mengalami masalah sehingga nilainya menurun, apakah cara mengajar guru tidak sesuai, dan sebagainya.

3. Merasa tidak percaya diri

Tanya jawab merupakan salah satu cara mengukur pemahaman siswa terkait materi yang telah diajarkan. Saat menjawab pertanyaan, biasanya ada siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.

Hal ini terindikasi dari gerak-geriknya saat menjawab, atau bahkan dari intonasinya ketika mengutarakan jawaban. Siswa yang kurang paham cenderung akan merasa kurang percaya diri lantaran takut salah. 

Solusinya, guru harus memberikan rasa aman pada siswa saat belajar. Dengan begitu, mereka tidak akan takut bertanya jika mengalami kesulitan memahami pelajaran.

4. Terlihat cemas dan takut

Menyambung soal tanya jawab tadi, biasanya gerak-gerik siswa yang tidak memahami materi juga tercermin dari sikapnya yang terlihat gelisah. Mereka cenderung merasa cemas dan takut manakala bakal ditunjuk untuk menjawab pertanyaan.

Jika hal ini terindikasi pada salah satu siswa, guru harus peka dan berusaha memberikan perhatian lebih. Perhatian itu dapat menumbuhkan rasa kuat pada diri siswa, sehingga berani bertanya atau mengungkapkan pendapatnya saat pembelajaran berlangsung.

5. Kurang aktif di kelas

Tanda siswa sulit memahami pelajaran yang terakhir ialah cenderung bersifat pasif. Siswa hanya duduk dan melihat temannya, bahkan tak jarang hanya diam membisu dan menundukkan kepalanya ketika ditunjuk guru untuk menjawab pertanyaan.

Itulah lima pertanda siswa kesulitan memahami materi pelajaran. Jika salah satu anak didik Sobat Medcom ada yang mengalami hal demikian, sebaiknya berikan perhatian lebih agar mereka tak ketinggalan pelajaran. (Nurisma Rahmatika)

Baca: Public Speaking Penting Buat Guru, Simak Manfaat dan Tips Bicara di Depan Kelas
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id