P2G Pesimistis Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK Capai Target

    Ilham Pratama Putra - 16 Februari 2021 07:02 WIB
    P2G Pesimistis Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK Capai Target
    Koordinator P2G Satriwan Salim. Zoom



    Jakarta: Pemerintah tengah melakukan rekrutmen satu juta guru melalui skema perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2021. Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) pesimistis target rekrutmen bakal tercapai.

    "Target Kemdikbud untuk merekrut satu juta guru honorer menjadi ASN 2021 tampaknya tak tercapai alias gagal," kata Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim dalam keterangannya, Senin, 15 Februari 2021.






    Sebab, menurut Satriwan, hingga Februari 2021 ini hanya 500 ribu formasi Guru PPPK yang diisi dan diajukan oleh pemerintah daerah (Pemda). P2G memandang, ada koordinasi dan komunikasi yang tidak bagus antara Pemda dengan kementerian terkait, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), dalam proses perekrutan Guru PPPK.

    "Pemda masih khawatir terkait sumber anggaran penggajian Guru PPPK nanti, apalagi sekarang kondisi keuangan daerah sedang terganggu pandemi covid-19," lanjutnya.

    Baca: Rekrutmen PPPK Disebut Solusi Masalah Perlindungan Guru

    Dia pun mendorong Kemendikbud bersama kementerian dan lembaga lainnya untuk memaksimalkan pendaftaran guru di daerah. Sosialisasi lebih masif diperlukan agar perekrutan guru dapat berjalan lancar.

    Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2020, terdapat 147 jabatan fungsional yang dapat diisi oleh PPPK. Di antara 147 jabatan fungsional ini, terdapat jabatan fungsional guru. Tahun ini, kebutuhan guru PPPK memang mendesak karena terjadinya kekosongan guru di banyak daerah.

    Selain itu, rekrutmen satu juta guru PPPK ini dilakukan untuk mengakomodir permintaan menaikkan status guru honorer menjadi pegawai pemerintah. Pemerintah daerah diminta untuk mengajukan kebutuhan guru PPPK.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id