comscore

Kesadaran Guru Memanfaatkan Teknologi Meningkat 57%

Ilham Pratama Putra - 05 November 2021 17:16 WIB
Kesadaran Guru Memanfaatkan Teknologi Meningkat 57%
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie menyebutkan, kesadaran guru dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar terus meningkat. Hal itu dilihat dari semakin banyaknya guru yang mengikuti program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK).

Peningkatan jumlah guru yang ingin belajar soal TIK itu mulai terjadi pada tahun 2020. Hal itu tak lepas dari kondisi pandemi yang membuat pembelajaran berlangsung secara daring.
"Di mana di tahun 2019 yang ikut Pembatik itu 30 ribuan, di 2020 seiring pandemi ini meledak sampai 70 ribuan," kata Hasan dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar 'Guru Makin Jago TIK, Belajar Lebih Seru' Kamis, 4 November 2021.

Baca juga:  Kemendikbudristek Yakin Guru Belajar dan Berbagi Bakal Dongkrak Skor PISA

Artinya, dari tahun 2019 ke 2020, terjadi kenaikan sebesar 57 persen. Kenaikan tersebut merupakan yang paling signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.  "Pada awal mula PembaTIK 2017 itu masih belasan ribu, 2018 naik 20 ribuan," tuturnya.

Kini pada tahun 2021, jumlah guru yang ikut program PembaTIK telah mencapai 82 ribu. Dalam program ini guru diajarkan bagaimana membuat bahan ajar yang berbasis teknologi.

"Bukan hanya membuat, tapi bagaimana sesama guru bisa memanfaatkannya, menguasai subtansinya. Jadi PembaTIK ini bagaimana kita berkolaborasi untuk membangun metode belajar berbasis teknologi untuk diimplementasikan di sekolah," tutupnya.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id