Sebanyak 88% Guru non-PNS di Indonesia Belum Tersertifikasi

    Citra Larasati - 01 Juli 2021 18:32 WIB
    Sebanyak 88% Guru non-PNS di Indonesia Belum Tersertifikasi
    Guru sedang mengajarkan siswa di muka kelas. Foto: MI/Gino Hadi.



    Jakarta:  Persoalan guru di Indonesia tidak hanya seputar minimnya jumlah guru profesional di sekolah negeri, yang kekurangannya mencapai lebih dari satu juta guru.   Namun juga banyaknya jumlah guru non-Pegawai Negeri Sipil (non-PNS) yang belum tersertifikasi.

    Berdasarkan data Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebanyak 88 persen guru non-PNS Indonesia tidak memiliki sertifikasi.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 55 persen guru di antaranya merupakan guru honorer yang mengajar di sekolah negeri.

     



    "Sudah sangat jelas banyak yang harus kita lakukan untuk memperbaiki sistem pendidikan ini," terang Mendikbudristek, Nadiem Makarim dalam Rakornas Kepegawaian BKN 2021, Kamis, 1 Juli 2021.

    Sejumlah persoalan inilah yang mendorong Kemendikbudristek membuka rekrutmen satu juta guru PPPK. Paling tidak, kata Nadiem, terdapat tiga tantangan yang coba ditangani melalui pogram satu juta guru ASN PPPK.

    Pertama, perubahan status dari honorer ke ASN akan membawa jaminan kesejahteraan ekonomi bagi guru, yang meliputi gaji dan tunjangan profesi.  Kedua, akan lebih banyak guru yang bekesempatan mengikuti program peningkatan profesi dengan sertifikasi untuk jaminan peningkatan kompetensi dan karier jangka panjang guru, serta meningkatnya kualitas pendidik yang diterima pelajar Indonesia.

    Baca juga:  Nadiem: Sekolah Negeri Kekurangan Lebih dari Satu Juta Guru

    Ketiga, program satu juta guru ASN PPPK juga akan menjadi alternatif rekrutmen berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2020.  Ditambah lagi sebanyak 59 persen guru honorer di sekolah negeri saat ini telah berusia lebih dari 35 tahun, sehingga tidak lagi dapat mengikuti tes CPNS, karena sudah melewati batas usia yang dipersyaratkan.

    "Adanya program ini juga akan membantu guru honorer yang telah bertahun-tahun mengabdi di sekolahnya," kata Nadiem.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id