Kemendikbud Dorong Pemberkasan Guru PPPK Hasil Seleksi 2019 Dipercepat

    Arga sumantri - 24 November 2020 14:39 WIB
    Kemendikbud Dorong Pemberkasan Guru PPPK Hasil Seleksi 2019 Dipercepat
    Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong pemberkasan guru yang lolos seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2019 cepat rampung. Sebab, ada 34 ribu lebih guru honorer yang lolos seleksi sejak tahun lalu tak kunjung menerima Surat Keputusan (SK), yang berimbas gajinya 'macet'.

    "Kami terus untuk berkolaborasi, berkoordinasi lintas kementerian untuk memperjuangkan guru honorer," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Selasa, 24 November 2020.

    Iwan mengatakan, saat ini Kemendikbud terus berupaya mendukung percepatan penerbitan SK guru PPPK hasil seleksi 2019. Kemendikbud terus berkoordinasi terkait Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan lintas kementerian.

    "Sehingga 34 ribu (guru PPPK hasil seleksi 2019) itu bisa kita selesaikan dengan baik," ujar Iwan.

    Baca: SK Guru PPPK Hasil Seleksi 2019 Dijanjikan Rampung 2021

    Iwan mengaku bersyukur Peraturan Presiden (Perpres) terkait gaji dan tunjangan PPPK sudah terbit. Langkah selanjutnya, kata dia, yakni perlunya dorongan pemerintah daerah supaya bisa menerbitkan dan menetapkan surat pelaksanaan tugas bagi guru honorer yang sudah lolos seleksi PPPK tahap satu, tahun lalu.

    "Ketika itu (SK) sudah ada, dan kemudian diverifikasi BKN (badan Kepegawaian Negara), tentunya itu masuk data Kemendikbud dan menjadi bagian dari Dapodik kita," ujarnya.

    Sebanyak 34 ribu guru honorer diketahui tak kunjung menerima Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang berdampak tidak turunnya gaji. Padahal, mereka sudah lolos perekrutan tahap 1 sejak 2019.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id