Komisi X: Guru Honorer di Atas 35 Tahun Baiknya Langsung Diangkat PPPK

    Ilham Pratama Putra - 13 Januari 2021 16:00 WIB
    Komisi X: Guru Honorer di Atas 35 Tahun Baiknya Langsung Diangkat PPPK
    Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Zoom.
    Jakarta: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta ada pertimbangan khusus dalam rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).  Khususnya, bagi guru honorer yang sudah mengabdi lama. 

    "Kebijakan PPPK ini harus dipertimbangkan aspek pengabdian. Ketika guru yang sudah berpuluh-puluh tahun, baiknya langsung diafirmasi, langsung diangkat," jelas Huda dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR secara daring, Rabu, 13 Januari 2021.

    Dia menyatakan hal tersebut sudah berulang kali dia sampaikan saat rapat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun hingga saat ini pihaknya belum menuai tanggapan.

    "Ini sedang terus kami komunikasikan," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

    Baca: 3 Masalah Utama yang Mengganjal Kesejahteraan Guru

    Komisi X juga melakukan upaya komunikasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). DPR meminta agar dua lembaga ini dapat membantu afirmasi kepada guru honorer yang telah lama mengabdi.

    "Ini butuh political will yang kuat, butuh effort yang kuat untuk meyakinkan BKN, Kemenpan RB, kepada Kemendikbud menyangkut afirmasi terkait ini," jelasnya.

    Huda turut memberi apresiasi kepada Kemendikbud, karena telah memperpanjang masa perekrutan guru PPPK. Semestinya, formasi satu juta guru PPPK itu sudah ditutup pada Desember 2020.

    "Pentutupan seleksi PPPK yang semestinya pada 31 Desember kemarin dipastikan diperpanjang. Tapi saya belum dapat sampai kapan, tapi paling tidak sampai akhir Januari. Karena sampai hari ini kuota satu juta belum terpenuhi sepenuhnya," terang dia.

    Pemerintah bakal melakukan seleksi bagi guru honorer untuk menjadi PPPK tahun ini. Target rekrutmen mencapai satu juta guru PPPK.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id